Dengan Semangat Al Ma’un, PC Muhammadiyah Kalitengah beserta Ortom Dikukuhkan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Dengan semangat Al Ma’un (red: tolong menolong), Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Kalitengah beserta Ortom (Organisasi Otonom) Muhammadiyah dikukuhkan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan, dalam gelaran Milad ke-111 Muhammadiyah dan Pengukuhan bersama yang diselenggarakan di Perguruan Muhammadiyah Kalitengah November 2O23.

Gelaran kegiatan tersebut merupakan hajad besar bagi Muhammadiyah, Aisyiah, Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiah Cabang Kalitengah yang dihadiri ratusan warga dan pimpinan mulai tingkat ranting sampai pimpinan daerah.

K.H. Hakam.Mubarok, Lc., M.Pd. dalam tausiyahnys berwasiat bahwa pimpinan adalah amanah dari Allah yang harus ditunaikan dengan baik. Setelah dikukuhkan tidak boleh tidur, harus bergerak bersama-sama memajukan gerakan dakwah Islam ini untuk mengharap Ridha Allah semata. Muhammadiyah harus sinergi dengan elemen masyarakat lain terutama dengan pemerintah.

Muhammadiyah harus melayani tidak boleh meminta-minta untuk dilayani. Muhammadiyah paling tidak harus menjadi seperti garam. Akan sangat dibutuhkan untuk menambah rasa nikmat makanan menjadi lebih nikmat, papar Kyai Barok, Wakil Ketua PD Muhammadiyah Lamongan.

Sementara itu, Rodhi … Ketua Pimpinan Cabang Muhamadiyah Kalitengah yang baru saja dikukuhkan saat dihubungi awak lintasjatimnews.com melalui sambungan WhatsApp mengungkapkan bahwa gelaran Milad ke-111 Muhammadiyah dan Pengukuhan bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah mengangkat spirit Al-Ma’un.

Lebih lanjut Rodhi, yang juga sebagai anggota Lembag Dakwah Khusus (LDK) memaparkan, sebagaimana spirit Kyai Ahmad Dahlan dalam memajukan agama. Bahwa ajaran Islam bukan sekedar gagasan, namun amal soleh yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut Rodhi memaparkan, kajian tafsir Al-Ma’un misalnya, Kyai Dahlan tidak mau pindah ke surah lain sebelum para santrinya betul-betul ada yang menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

Spirit itu rupanya menjadi DNA Muhammadiyah, dalam setiap acara tidak cukup memikirkan gebyarnya saja, tapi juga harus ada kegiatan yang memberi manfaat langsung kepada kaum dhuafa. Muhammadiyah ingin memajukan bahwa Islam adalah solusi, papar Rodhi, yang juga menjabat Direktur Sangbala Internasional School.

Bagian akhir, Rodhi mohon dukungan dan doa semua pihak, semoga Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalitengah beserta jajaran organisasi otonomnya bisa melanjutkan nilai-nilai juang K.H. Ahmad Dahlan memajukan dakwah Islam yang berkemajuan khususnya di bumi Kalitengah.

Dengan spirit Al-Ma’un Gelaran Milad ke-111 dan Pengukuhan bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalitengah juga disertai dengan pemberian santunan kepada para dhuafa (fakir miskin dan anak yatim)

Reporter: M. Said