Cerita Mbah Jimin Usia Renta Ikut Bangun Jalan Di Desanya

Dengarkan beritanya .

SRAGEN lintasjatimnews.com – TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-119 Kodim Sragen Tahun 2024 di Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh memasuki hari ke 3. (Kamis, 22/02/2024). Suasana semangat gotong royong yang tinggi antara warga dan Tim Satgas dalam mengerjakan cor blog jalan sepanjang ± 1500 M yang merupakan jalan tembus menghubungkan 2 desa, yaitu Desa Gedongan dan Desa Jabung.

Namun dalam pelaksanaan pengecoran jalan hari ke-3 ini tampak agak sedikit berbeda, dimana tampak terlihat beberapa lelaki paruh baya turut berbaur bersama Tim Satgas melakukan pengecoran jalan.

Seperti halnya Mbah Jimin (70th) lelaki paruh baya ini begitu semangat bersama rekan-rekan lainnya dalam menyiapkan batu koral dalam kantung bekas bungkus semen untuk diangkat kemudian dicampurkan kedalam adukan semen di mesin molen untuk pengecoran jalan.  

Mbah Jimin mengatakan, ia ikut ambil bagian dalam gotong-royong pengecoran jalan karena merasa berkewajiban ikut bergotong royong dan merasa senang ada TNI yang mau membantu Desanya, dalam pembangunan jalan tembus ini, ia berharap jalan tersebut bisa awet dan memberikan banyak manfaat.

“pun dados kewajiban pak, kulo kaleh wargo masyarakat derek nyengkuyung pembangunan dalan niki, nggih mugiyo saget sae, awet lan katah manfattipun”. Ungkap Jimin

Hal senada juga diutarakan oleh Karyono (60th) dan Sudadi (65th) yang keadaanya tidak jauh berbeda dengan mbah Jimin, mereka ikut dalam pengerjaan cor jalan desanya. Mereka semua terpanggil dan tergugah hatinya karena kecintaan mereka terhadap desanya yang sedang6 dibangun.

Meski saat ini masih dalam proses pembangunan, menurut warga masyarakat sekitar, dengan terbangunnya jalan di Desanya melalui program TMMD Kodim Sragen itu, akan memberikan banyak manfaat yang akan dirasakan oleh warganya maupun oleh warga desa lain, yang ada di wilayah Kecamatan Plupuh dan sekitarnya.

(Agus Kemplu)