Tiga Pesilat SMPM Jipat Karangasem Lamongan Sabet Juara Tingkat Jatim di Unesa

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Spesial Event Kejuaraan Pencak Silat atau Unesa Pencak Silat Challenge Competition (UPSCC) yang merebutkan Piala Rektor Unesa Tahun 2023. Kegiatan berlangsung Jum’at sd Ahad (22-24/12/2023).

Kejuaraan Pencak Silat diperuntukan bagi siswa pada satuan pendidikan Ana Usia Dini (KB-TK), Usia Dini (SD), Pra Remaja (SMP), dan Remaja (SMA). Kegiatan dipusatkan di GOR Tenis Indoor UNESA Jl. Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jawa Timur 60213.

UPSCC 2023 diikuti siswa-siswi se Jawa Timur dengan katagori yang dilombakan panitia meliputi: Tanding, Seni, dan Solo Kreatif dari masing-masing tingkatan satuan pendidikan. Khusus katagori Pra Remaja (SMP) siswa-siswi yang berusia 12-15 tahun yang terdiri dari kelas A sd P dengan berat badan minimal 30 kg dan maksimal 78 kg.

SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan mengirim 3 pesilat putra masing-masing dikatagori Tanding di kelas C (berat badan di atas 36 – 39 kg) 1 pesilat, kelas D (berat badan di atas 39 kg – 42 kg) 1 pesilat, dan kelas G (berat badan di atas 48 Kg – 51 kg) 1 pesilat.

Suminto, M.Pd., Wakil Kepala SMPM Jipat Bidang Kesiswaan saat melepas 3 pesilat menyampaikan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Di event UPSCC 2023 kali ini, kami mengirim 3 pesilat yang siap untuk tanding. Di event sebelumnya 1 pesilat cidera, tetapi sekarang kondisinya sudah vit semua,” jelasnya.

“Dengan latihan yang intensif, maka saya optimis 3 pesilat yang dikirim SMPM Jipat Insya Allah akan meraih hasil yang maksimal karena sudah siap secara fisik dan mental tanding. Di samping itu, ketiganya terbiasa mengikuti perlombaan silat di tingkat daerah dan provinsi. Berkat doa dan dukungan civitas akademika SMPM Jipat, Alhamdulillah ketiganya meraih juara,” pungkasnya.

Laporan dari pelatih (official) silat SMPM Jipat Karangasem (Bella Dzulfikar Rohman) di ajang perlombaan GOR Tenis Indoor UNESA. Tiga pesilat SMPM Jipat Karangasem tanding pada hari Sabtu dan Ahad (23-24/12/2023), masing-masing bertanding sampai 3 kali hingga mencapai puncak final.

Ketiganya mencapai puncak final melawan pesilat yang cukup tangguh dari perguruan pencak silat Pagar Nusa (PN) dan Merpati Putih (MP). Berikut ini rincian 3 pesilat SMPM Jipat Karangasem yang meraih 2 emas dan 1 perunggu di event UPSCC 2023 tingkat Jawa Timur:

Pertama, Nakhlah Rafif Adiyatma, juara 1 di kelas D Pra Remaja Tanding melawan pesilat PN (Persinas Asad). Kedua, Muhammad Fajrul Alam Arrosyid, juara 1 di kelas C Pra Remaja Tanding melawan pesilat PN (Al-Amien Prenduan Madura). Ketiga, Muhammad Abdu Fafian Fiddin, juara 3 di kelas G Pra Remaja Tanding melawan pesilat MP (kalah).

Atas prestasi yang diraih 3 pesilat SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan, maka berhak mendapatkan Medali, Sertifikat, dan Dana Pembinaan. Selamat dan sukses pesilat SMPM Jipat Karangasem, teruslah berlatih untuk mengembangkan bakat yang kalian miliki dalam rangka mengikuti di event yang berbeda.

Reporter: Efendy