Babinsa Koramil 0801/09 Sudimoro Hadiri Rapat Kegiatan Pertisipasif Bersama Stakeholder

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Babinsa Koramil 0801/09 Sudimoro hadiri kegiatan pengawasan partisipatif bersama stakeholder se-kecamatan Sudimoro tahun 2024 di kantor Panwaslu Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan,Rabu(23/10/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sudimoro yg diwakili oleh (Bpk Wiwid Wiyanto),Ketua Panwaslu Kec. Sudimoro ( ibu Elis Susilowati ) bersama Anggota, Koramil 0801/09 Sudimoro ( Serka Roso ), Polsek Sudimoro ( Bripka Budi santoso ), Perwakilan Organisasi pencak silat kec. Sudimoro : psht, pshw, pks, Perwakilan dari PBNU Kec. Sudimoro, Perwakilan dari Muhamadyah Kec. Sudimoro, Perwakilan karangtaruna Sudimoro, Perwakilan dari Fatayat Kec. Sudimoro, Perwakilan dari Muslimat Kec. Sudimoro.

Kegiatan tersebut di awali dengan sambutan dari staf kecamatan (Bapak Wiwid Wiyanto),sambutan Panwaslu Kecamatan Sudimoro (Ibu Elis Susilowati),Dan di lanjutkan dengan diskusi tanya jawab.

Ketua Panwaslu Kecamatan Sudimoro Ibu Elis Susilowati dalam rapat itu menyampaikan tentang Prinsip-prinsip penegakan Hukum Pilkada,Ia juga menjelaskan tentang makna kepastian hukum di UU pilkada, perbawaslu dan PKPU.

Selain itu juga disampaikan tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pilkada serentak Ta. 2024 yaitu Tahap Perencanaan anggaran, penyusunan peraturan KPU, pendaftaran dan verifikasi peserta pilkada, pemutakhiran data.

Serka Roso selaku Babinsa Ramil 0801/09 Sudimoro juga mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan tahapan Pilkada tahun 2024. Hal-hal yang perlu diawasi antara lain pada saat kampanye, penghitungan suara dan pembacaan hasil pemilihan.

“Metode pelaporan dalam hal ini pengawasan partisipatif apabila terdapat dugaan pelanggaran diharapkan segera dilaporkan kepada Panwaslu Kemantren Wirobrajan,” kata Babinsa.

“Disamping itu, untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan perlu adanya pemetaan daerah rawan konflik, disini dibutuhkan kerjasama dan sinergitas antara stakeholder Sudimoro dengan Panwaslu Kecamatan Sudimoro agar tindakan pencegahan bisa berjalan secara maksimal,” pungkasnya.

Reporter: priyo