Dankodiklatal Tinjau Latihan Terjun Free Fall di Sky Diving Simulator Pusdiksus

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews – Untuk memberikan motivasi kepada para Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang saat ini mengikuti Kursus (Sus) Acelerated Free Fall (AFF), Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah meninjau latihan di Sky Diving Simulator yang berada dibawah kendali Pusdiksus Kodikopsla Kodiklatal, Juanda Sidoarjo. Selasa, (22/10/2024).

Kunjungan yang dilaksanakan Dankodiklatal ditengah kegiatan olahraga bersama ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kelancaran proses pelatihan, bagi para Kowal yang kali ini menggunakan Sky Diving Simulator sebagai sarana untuk meningkatkan kecakapan para Siswa Penerjun Free Fall dalam hal kemampuan terjun payung.

Dalam proses pelatihan tersebut, para Siswa Sus AFF ini juga didampingi oleh enam Kowal profesional di bidang penerjunan yaitu, Serma Ika (Kodikmar Kodiklatal), Serka Lela (Satharmatim), Serka Asia Monika (Balurjatim), Serda Sashi (Pusdik Banmin Kodiklatal), Serda Poppy dan Serda Imas (Puskopaska).

Letjen Marinir Nur Alamsyah secara langsung mengamati pelaksanaan pelatihan Sky Diving Simulator yang menggunakan peralatan canggih dan instruktur berpengalaman. Beliau juga berinteraksi dengan para peserta Sus AFF Kowal TA. 2024, untuk mengetahui langsung pengalaman dan kendala yang mereka hadapi selama pelatihan.

Dankodiklatal juga menyampaikan agar para peserta AFF merasa bangga dan bersyukur karena bisa menjadi bagian dari komunitas Sky Diving, dimana termasuk olah raga yang memerlukan keahlian khusus. Siswa harus memiliki niat berlatih, fokus, dan menikmati setiap tahapan latihan. Dengan niat para Siswa dapat melaksanakan latihan dengan gembira. Selain itu diperlukan fokus agar menghindarkan kelalaian saat latihan.

“Rasa takut adalah manusiawi yang diperlukaan dalam kegiatan beresiko tinggi, namun rasa takut akan meningkatkan fokus dan kewaspadaan, mencegah pengambilan resiko berlebihan serta dapat memotivasi persiapan yang lebih baik. Juga tidak lupa selalu berdoa setiap latihan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Letjen Marinir Nur Alamsyah.

Peninjauan yang diawali olah raga bersama di Puslatdiksarmil Kodiklatal ini menunjukkan komitmen dan wujud kepedulian Dankodiklatal dalam memastikan kualitas pendidikan dan pelatihan bagi para prajurit Jalasena, khususnya bagi para Kowal yang mengkuti Kursus AFF.

Reporter: arahman