Maknai HUT Ke-79 RI Sebagai Momen Perjuangan Bangsa, Danlantamal V Hadiri Malam Tasyakuran

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan, S.H., M.Han menghadiri malam tasyakuran dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) bersama Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan ratusan veteran di depan rumah dinas Walikota Surabaya, Jalan Sedap Malam, Surabaya. Jumat (16/08/2024)

Dalam acara malam tasyakuran tersebut, diawali dengan doa lintas agama sebagai wujud syukur dan doa bersama menyambut hari kemerdekaan.

“Alhamdulilah ini adalah acara rutin yang kita lakukan sebagai ucapan terima kasih kepada para veteran yang menjaga Kota Surabaya,” kata Walikota Eri Cahyadi dalam sambutannya.

Walikota Eri Cahyadi menyampaikan bahwa program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) untuk para veteran telah selesai pada tahun 2023 lalu. Untuk tahun 2024 ini, Pemkot Surabaya menyiapkan bantuan kedukaan bagi para veteran yang meninggal dunia.

Terkait bantuan tersebut, Walikota akan berkoordinasi dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Surabaya. “Kita koordinasi dengan LVRI, kalau ada yang meninggal bisa menghubungi Pemkot Surabaya sehingga ambulance (jika berada di Rumah Sakit), pemakaman akan kita berikan bantuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua dewan pertimbangan LVRI cabang Kota Surabaya, Laksamana TNI Purnawirawan Setya Sujasa menekankan bahwa momen kemerdekaan Indonesia ini harus dimaknai sebagai semangat perjuangan melawan kemiskinan, narkoba hingga perkembangan teknologi. Sebab, baginya teknologi yang ada saat ini bisa menjadi bumerang bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Kita harus sosialisasikan hal ini kepada para pelajar ditingkat SD, SMP dan SMA di Kota Surabaya,” kata Ketua dewan pertimbangan LVRI cabang Kota Surabaya.

Tak lupa Ketua dewan pertimbangan LVRI cabang Kota Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Wali Kota Eri Cahyadi kepada para veteran.”Terima kepada Pak Eri Cahyadi yang begitu perhatian kepada para veteran,” ujarnya.

Disela-sela kegiatan tersebut Danlantamal V berkesempatan memberikan buku Diplomasi Sang Hiu Kencana karya Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla kepada Walikota Surabaya dan Ketua LVRI Cabang Surabaya.

Acara malam tasyakuran ditutup dengan penyerahan paket sembako secara simbolis yang diberikan kepada lima perwalikan veteran.

Reporter: arahman