Masjid Senilai 43 Miliar Diresmikan Ketua Umum PP Muhammadiyah

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnewscom – Masjid Asy-Syifa’ Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan senilai 43 miliar diresmikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, Rabu (17/01/2024)

Peresmian Masjid Asy-Syifa’ Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan menandai secara resmi dipergunakan sebagai tempat ibadah juga pusat kemajuan peradaban umat.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pada kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas diresmikannya Masjid Asy-Syifa’ dan Pencanangan IGD bertaraf internasional di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.

Lanjutnya, saya sampaikan selamat atas selesainya pembangunan masjid yang megah ini, selamat untuk KBIH yang tadi telah dikukuhkan. Saya merasa ikut bangga sebagaimana tadi telah disampaikan bahwa kemajuan Muhammadiyah Lamongan yang kalau disimpulkan itu tidak ada tandingannya.

Haedar Nashir menambahkan kegiatan keagamaannya luar biasa. Termasuk pondok-pondok pesantren, amal usahanya, dari pendidikan, kesehatan, kemudian juga mau bergerak di bidang ekonomi. Bahkan diaspora kadernya, itu memang Lamongan tiada banding.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya berharap Masjid Asy-Syifa’ RSM Lamongan ini dapat dikelola dengan profesional serta dipergunakan untuk kepentingan yang lebih luas, memberikan manfaat dan dampak yang besar bagi masyarakat.

Ditambahkan Bupati Yuhronur, dalam pengelolaan Masjid Asy-Syifa’ ini tidak bisa menghindar dari dinamika sosial dan ekonomi masyarakat, yang tentu perkembangannya sangat pesat. Ia berharap kehadiran Masjid Asy-Syifa’ ini akan dapat dikelola dengan profesional, dipergunakan untuk kepentingan yang lebih luas.

“Sehingga dapat memberikan dampak bagi peningkatan kehidupan sosial ekonomi umat, memberikan pelayanan terbaik kepada umat, dan senantiasa menjaga serta merawat masjid ini sebagai aset yang berharga dalam pengembangan hasanah keilmuan sekaligus sarana untuk mencetak generasi masa depan yang unggul dan berakhlakul karimah,” harap mantan Sekda ini

Sementara itu, Ketua PDM Lamongan KH Shodikin menyampaikan bahwa pembangunan Masjid Asy-Syifa’ ini dilaksanakan sejak 2022 kurun waktu 20 bulan, dengan kapasitas 1.500 jama’ah.

“Dilengkapi berbagai fasilitas ruang rapat, kamar mandi, tempat duduk, kamar tidur untuk musafir, ruang baca, Kantot KBIHU (Kelompok Bimbingan Haji dan Umroh) Labbaik, Kantor Lazismu, Kantor Dewan Pengawas Syariah, telaga kecil, fasilitas 2 lift dan fasilitas lainnya,” jelasnya

Ditambahkan Kepala BKPSDM Pemkab Lamongan ini bahwa masjid Asy-Syifa’ dibangun di atas tanah seluas 7.000 meter persegi, kemudian luas bangunannya ini adalah 3.900 meter persegi.

“Dalam proses pembangunan ini alhamdulillah di arsiteki oleh kader-kader Muhammadiyah, biaya seluruhnya Rp 43 miliar dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja Muhammadiyah, baik dari sumbangan maupun dari RSM Lamongan,” ungkap mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Lamongan ini

Direktur RSM Lamongan Hj Dr Umi Aliyah MKes menyampaikan terima kasih atas kehadiran Prof Dr KH Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, DR dr Sukadiono MM Ketua PWM Jawa Timur, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf, Prof Dr Zainuddin Maliki, Jajaran PDM Lamongan, seluruh undangan dan seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah yang hadir dalam peresmian Masjid Asy-Syifa’ ini

Reporter Fathurrahim Syuhadi