Sertijab dan Pisah Sambut Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Babat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Negeri 3 Babat menyelenggarakan acara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Sekolah lama, Kacung Budiono, S.Pd., M.Pd. kepada M. Said, S.Pd, M.Pd, Selasa (09/01/2024).

Kegiatan sertijab yang dikemas dengan pisah sambut berlangsung di Aula SMP Negeri 3 Babat dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan serta Pengawas Pembina SMP Negeri 3 Babat.

Dalam sambutannya, Kacung menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMP Negeri 3 Babat. Ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan SMP Negeri 3 Babat yang telah mendukung dan membantu dirinya selama dua tahun serta bekerja dengan baik untuk melaksanakan dan menyukseskan program sekolah.

Kacung yang akan menduduki kursi Kepala SMP Negeri 1 Pucuk menyampaikan permohonan maaf, bila selama bekerja sama dua tahun ada khilaf disengaja maupun tidak disengaja. Dirinya juga memohonkan maaf istrinya selaku ketua Darmawanita Persatuan Unit SMP Negeri 3 Babat.

Selanjutnya Kacung menyampaikan impiannya bersama GTK SMP Negeri 3 Babat yang belum terwujud dan disampaikan kepada M. Said, S.Pd., M.Pd. yang akan menggantikan posisinya. Impian itu di antaranya ingin mewujudkan kantor SMP Negeri 3 Babat yangrepresentatif dan lebih elegan. Kantor yang sekarang dirasa sudah kurang laik, lantainya sebagian ada yang anjlok, dinding dan kuses-kusen sudah banyak yang aus. Impian lainya yaitu mewujudkan Boarding School, yang menurunya menjadi impian masyarakat sekitar juga.

“Mewujudkan boarding school sudah dimulai dengan bentuk kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Mohon Pak Said bisa mewujudkan kedua impian tersebut ke depannya,” ungkap Kacung yang juga pernah menjadi guru di SMP Negeri 3 Babat sebelum dipromosikan menjadi kepala sekolah.

Sementara itu Kepala Sekolah yang baru, M.Said, S.Pd , M.Pd. diberi kesempatan memperkenalkan diri. Said secara singkat mengungkapkan perjalanan kariernya yang dimulai dari Guru SD, kemudian melimpah menjadi guru SMP Negeri 1 Maduran tahun 2005, kemudian tahun 2021 dipromosikan menduduki posisi kepala SMP Negeri Solokuro. Pada tahun 2022 dipindahtugaskan di SMP Negeri 1 Laren, dan sekarang akan menggantikan posisi Kacung sebagai Kepala SMP Negeri 3 Babat.

“Dengan mengucapkan bismilah. Mohon doa bantuan dan dukungan seluruh warga SMP Negeri 3 Babat untuk memutuskan impian tersebut,” respon Said

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif MM memberikan sambutan pembinaan. Dalam sambutannya Munif mengucapkan selamat kepada kedua kepala sekolah dengan masing-masing jabatan barunya. Beliau berharap di tempat yang bisa lebih baik dan lebih berprestasi.

Lanjutnya, SMP Negeri 3 Babat sudah Adiwiyata Nasional, di SMP Negeri 1 Pucuk baru Adiwiyata Tingkat Provinsi. Maka dirinya berharap agar Kacung bisa mewujudkan Adiwiyata taraf nasional bagi SMP Negeri 1 Pucuk.

“Adiwiyata bagian dari program inovasi Paduraksa yang baru saja dilaunching Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan,” ungkap Munif Syarif

Ditambahkan, bahwa ada empat program terpadu yang diberi Label PADURAKSA yang baru saja dilaunching, harus terus dikawal dan dilaksanakan dengan baik. Rangkaian program pendidikan; perpustakaan terakreditasi, sekolah Adiwiyata, sekolah ramah anak, dan sekolah sehat harus menjadi prioritas program sekolah di samping implementasi kurikulum merdeka.

“Program tersebut bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang menyenangkan, aman, dan nyaman bagi peserta didik,” pungkasnya

Acara serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Babat dihadiri juga guru dan staf tenaga kependidikan SMP Negeri 3 Babat dan SMP Negeri 1 Laren serta pengurus Komite SMP Negeri 3 Babat. Dihibur dengan musik elekton, acara, berlangsung meriah dan penuh keakraban.

Reporter: Fathurrahim Syuhadi