Bupati Lamongan Serahkan Mobil Ambulans Untuk RSU Muhammadiyah Babat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Bupati Lamongan serahkan mobil ambulans untuk RSU (Rumah Sakit Umum) Muhammadiyah Babat. Acara ini bertempat di halaman RSU Muhammadiyah Babat., Sabtu (30/12/2023)

Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap layanan kesehatan masyarakat. Pemkab Lamongan memberikan bantuan berupa mobil ambulans untuk Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Babat yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Pemberian bantuan ambulans ini diharapkan dapat semakin mendekatkan layanan kesehatan untuk masyarakat, khususnya di sekitar Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan

Penyerahan bantuan ambulans ini disaksikan Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf, Sekretaris PWM Jawa Timur Prof Biyanto, Anggota DPR RI Prof Zainudin Maliki, Wakil Ketua DPRD Lamongan Drs Husnul Aqib MM, Jajaran PDM Lamongan, Jajaran PCM Babat dan Ortomnya, Forkopimcam Babat, MPKU PDM Lamongan dan MPKU PCM Babat, Sesepuh Muhammadiyah Babat dan PRM Secabang Babat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. menyampaikan bahwa pemberian bantuan ambulans ini merupakan salah satu bentuk good governance, di mana Pemerintah menggandeng seluruh stakeholder dalam hal ini organisasi Muhammadiyah dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Lamongan yang sehat.

Lanjut mantan Sekda ini, terbukti dengan kolaborasi ini kita punya energi yang hebat. Angka Harapan Hidup selalu meningkat. Angka Harapan hidup Kabupaten Lamongan tahun 2023 berada di angka 73,22.

“Kalau indeks harapan panjang, artinya layanan kesehatan semakin dekat dengan masyarakat, baik oleh pemerintah sendiri maupun oleh elemen masyarakat yang lain,” ujar Yuhronur Efendi.

Pemkab Lamongan berkomitmen kuat dalam mewujudkan Lamongan Sehat. Salah satu program unggulan di bidang kesehatan adalah Home Care Service (HCS). Kegiatan ini mendatangkan pelayanan kesehatan langsung ke rumah untuk keluarga miskin dan keluarga yang tidak mampu secara fisik untuk mengakses pelayanan kesehatan ke Puskesmas atau Rumah Sakit.

Bupati yang akrab disapa Pak YES tersebut juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi organisasi masyarakat dan para insan kesehatan, khususnya klinik dan Rumah Sakit Muhammadiyah yang telah berkontribusi dalam pembangunan manusia di Lamongan.

“Terima kasih juga seluruh yang bergerak di bidang kesehatan di Lamongan. Alhamdulillah IPM kita lebih baik dari rata-rata provinsi dan nasional. Bila pembangunan manusia baik, melakukan apapun hasilnya baik, dan IPM kita selalu naik signifikan tiap tahunnya,” ujarnya

Direktur RSU Muhammadiyah Babat dr Farah Nurdiana, M.Kes. mengapresiasi dukungan dari Pemkab Lamongan dalam upaya peningkatan layanan kesehatan.

“Kami merasa angat berbahagia karena mendapatkan hibah ambulans yang selama ini sangat kita butuhkan. Tentu ambulance ini untuk meningkatkan layanan bagi pasien-pasien kami yang membutuhkan rujukan. Terima kasih kami sampaikan,” ucap anggota MPKU PDA Lamongan

Sementara itu KH Shodikin Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan mengapresiasi atas perhatian dan bantuan mobil Ambulan dari Pemkab Lamongan kepada RSU Muhammadiyah Babat

“Semoga bantuan ini menambah kelancaran dan keberkahan bagi RSU Muhammadiyah Babat,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi