Menautkan Hati Generasi Muda dengan Masjid, Takmir Masjid Assalam Selenggarakan “Assalam Creative Camp”

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Di penghujung tahun 2023 Takmir Masjid Assalam, Caditunggal, Kecamatan Kalitengah menyelenggarakan Assalam Creative Camp, di halaman Masjid Assalam.Canditunggal, Sabtu-Ahad, 30-31Desember 2023.

Sesuai agenda yang diterima awak LintsJatimNews.Com, pada hari pertama kegiatan tersebut dibuka ketua Takmir Masjid Assalam lalu dilanjut mendirikan tenda, membentuk kelompok, sholat berjamaah tadarus dan murajaah juz amma, Musyran Pemuda, lalu pentas drama anak-anak dan dilanjut dengan bakar ikan laut. Hari kedua diagendakan dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, diantaranya tahajud, renungan, game dan tadabur alam.

Dalam sambutannya, Takmir Masjid Assalam, Rodhi, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa Assalam Creative Camp tahun ini memilih tema Masjid itu Rumah Kita, Untuk Ibadah dan Berkarya. Tema tersebut disertai harapan agar peserta kemah kerasan berada di masjid, layaknya seperti rumah sendiri. Kemah tersebut akan menjadi kenangan yang indah bagi anak-anak dan remaja dengan kegiatan yang menyenangkan, taklim dan tadarus yang disertai game-game yang menggembirakan, papar Rodhi yang juga menjabat sebagai ketua PC Muhammadiyah Kalitengah.

Selanjutnya Rodhi mengungkapkan bahwa bila anak-anak dan remaja merasa nyaman di masjid dengan kegiatan tersebut, insyaallah hati mereka akan terpaut dengan masjid, merasakan ada sesuatu yang kurang bila tidak ke masjid dan berkumpul bersama teman-teman mereka.

Untuk memotivasi dan memberikan pencerahan dan pemahaman tentang pentingnya hati terpaut dengan masjid, Rodhi uga menyitir dan menjelaskan sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bahwa salah satu dari tujuh golongan yang kelak mendapat naungan dari Allah di hari kiamat adalah seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid.

Ditanya tentang kegiatan lainnya, Rodhi, Ketua Takmir Masjid Assalam Canditunggal, Kecamatan Kalitengah, memaparkan bahwa selain Assalam Camp dan Festival Assalam yang diselenggarakan secara rutin setahun dua kali saat liburan semester dan akhir Ramadhan, Masjid Assalam juga memilik program lain di bidang dakwah dan sosial lain

Masjid Assalam adalah salah satu amal usaha milik Ranting Muhammadiyah Canditunggal, Kecamatan Kalitengah Lamongan. Sejak berdirinya sangat aktif mengadakan kegiatan sebagai bentuk usaha memakmurkan masjid. Selain sebagai tempat ibadah dan kajian rutin sebagaimana masjid pada umumnya, Masjid Assalam punya program unggulan di antaranya kegiatan khitanan massal secara rutin, santunan janda dan yatim piatu, bantuan bagi ahlul musibah yang salah satu anggota keluarga meninggal dunia.

Kegiatan Assalam Creative Camp tahun ini diikuti seratusan peserta bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Ranting Pemuda Muhammadiyah Canditunggal.
Saat ditemui awak LintasJatimNews.Com, salah satu peserta mengungkapkan bahwa dirinya dan juga rekan-rekannya sebagai peserta merasa senang dengan kegiatan Assalam CreativeCamp. Dirinya juga berharap kegiatan serupa tahun yang akan datang bisa merekrut peserta dari desa lain.

Reporter: M. Said