M Said MPd Dikukuhkan Sebagai Kepala SMP Negeri 3 Babat, Ini Pesan Kepala Dinas Pendidikan Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – M Said SPd MPd dikukuhkan sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Babat. Ia menggantikan Kacung SPd yang mutasi ke SMP Negeri 1 Pucuk.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Ir Munif Syarif MM, atas nama Bupati Lamongan mengukuhkan dan mengambil sumpah 117 Kepala SD, 8 Kepala SMP, dan 19 Pengawas. Kegiatan ini bertempat di gedung Handayani Koperasi Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan

Karier M Said dilalui sebagai guru di SMP Negeri 1 Maduran. Kemudian dipromosikan kepala SMP Negeri 1 Solokuro. Selanjutnya menjadi kepala SMP Negeri 1 Laren. Sebelum menjabat sebagai kepala sekolah di SMP Negeri, M Said hampir 10 tahun menjabat sebagai kepala SMP Muhammadiyah 4 Pangkatrejo Maduran

Hadir dalam kegiatan pengukuhan dan pengambilan sumpah Kepala Sekolah SD, SMP dan Pengawas Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabid GTK, Kabid SMP, dan Kabid SD. serta Kabid Mutasi dan Promosi BKPSDM.

Dalam sambutan pengarahannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Ir Munif Syarif MM menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

Pertama, jabatan pengawas adalah jabatan strategis juga bagi keberhasilan pendidikan. Pengawas memastikan berjalannya penyelenggaraan pendidikan secara baik dan benar. Pengawas mendampingi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Kedua, dengan diangkatnya pengawas berasal dari alumni guru penggerak, tentu akan lebih memacu lagi sekolah-sekolah untuk berinovasi dan berprestasi

Ketiga, kepala sekolah baru, baik yang promosi maupun yang mutasi harus segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah baru. Segera berkoordinasi dan mengkonsolidasi seluruh stekholde sekolah yang baru.

Keempat, program terpadu yang diberi label PADURAKSA yang sudah dilaunching, harus terus dikawal dan dilaksanakan dengan baik. Program tersebut berupa rangkaian program pendidikan yang meliputi perpustakaan terakreditasi, sekolah adiwiyata, sekolah ramah anak, dan sekolah sehat harus menjadi prioritas program sekolah di samping implementasi kurikulum merdeka. Program tersebut bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang menyenangkan, aman, dan nyaman bagi peserta didik.

Kelima, keberhasilan program sekolah di tangan kepala sekolah. Kepala sekolah pemegang kunci keberhasilan program sekolah. Kepala sekolah yang menggerakkan guru dan tenaga kependidikan di sekolah untuk menjalankan program sekolah.

Munif Syarif menambahkan bahwa kepala sekolah dan pengawas yang promosi berasal dari alumni guru penggerak harus bisa menularkan virus positif yang diperoleh selama pendidikan sebagai guru penggerak sehingga bisa menggerakkan guru-guru untuk berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di bidangnya

Bagian akhir sambutannya, Munif Syarif mengungkapkan mutasi merupakan hal yang biasa sebagai upaya penyegaran. Jangan ada yang berpikiran negatif terkait adanya mutasi ini.

“Selamat menjalankan tugas di tempat yang baru. Mari kita tingkatkan layanan pendidikan yang bermutu. Kita pertahankan dan terus kita tingkatkan IPM di bidang pendidikan Lamongan yang melampaui rata-rata IPM bidang pendidikan provinsi maupun nasional,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi