Menjadi Loveable Leader dengan Komunikasi Efektif

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – Webinar Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK) yang dilaksanakan oleh Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya (FK UM Surabaya) pada hari Sabtu (09/12) mendatangkan Dr. Qurrotul Aini, S.Kg, M.Kes sebagai pemateri pada sesi 1 dengan sub-tema “Strategi Komunikasi Efektif dengan Mengenali Potensi dan Hambatan Diri melalui Metode DISC”

dr. Tjatur Prijambodo, M.Kes sebagai Moderator pada sesi ini melakukan brain storming pada peserta. “Tema Strategi Komunikasi Efektif menjadi pilihan yg tepat karena dalam maanjemen sebuah organisasi akan menjadi kuat ketika memiliki leader yang handal, dan salah satu cara menjadi leader yang handal adalah dengan komunikasi efektif.”

Dr. Qurrotul Aini membenarkan pernyataan dr. Tjatur tersebut. Menurutnya, sudah menjadi sebuah keharusan untuk para pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga dapat menginspirasi orang lain, dan merangsang partisipasi orang lain disekitarnya, “dan ini sangat penting supaya kita dapat mengarahkan lingkungan sekitar untuk bersama-sama mencapai tujuan yang kita inginkan.” Terang Sekretaris Prodi MARS UMY ini.

Dr. Qurrotul mengajak peserta untuk merefleksikan siapa sosok pemimpin teladan masing-masing. Sebagai seorang muslim, pasti kita sangat mengagumi kepemimpinan dari Rasulullah Muhammad SAW. Beliau sosok pemimpin luar biasa. “Seandainya kita memilih Rasulullah sebagai sosok pemimpin, pasti sangat memorable dalam otak kita hal-hal yang menjadikan beliau sebagai seorang panutan.” Ungkapnya.

Karakteristik dan personality dari sosok tersebut menjadi inspirasi dan panutan untuk kita menjadi seorang pemimpin yang dapat mengembangkan pola kepemimpinan sesuai dengan panutan kita tersebut.

Dr. Qurrotul menyebutkan Ciri-Ciri Loveable Leader dalam buku Communication Effective for Leader, beliau kemudian menjelaskan bahwa di buku tersebut disebutkan bahwa ciri dari Loveable Leader adalah:

  1. Peaceful Person. Yaitu orang yang dalam bekerja ikhlas, senang dan damai.
    Dr. Qurrotul menyebutkan singkatan dari ikhlas yaitu Ikhlas Ketika Hati Lisan Akal Sinergi. Jadi ikhlas akan menjadi indah dan damai ketika hati, lisan dan akalnya bersinergi. Komunikasi yg efektif akan terbentuk ketika hatinya ikhlas.
  2. Self Manajemen. Seorang yang mampu mengatasi anger manajemen, sabar, dan baik hati.
  3. Self Control. Seorang yang tidak bisa dibayar dengan hal yang bertentangan dengan prinsip hidupnya.

Dr. Qurrotul meneruskan penjelasannya, untuk menjadi seorang Loveable Leader perlu 3 tahapan. Pertama kita harus tau dan bisa menempatkan diri sendiri, kedua harus tau tentang lingkungan sekitar, ketiga kita harus tau pekerjaan kita. Apabila yang pertama belum dilaksanakan secara efektif maka akan sulit mengembangkan kompetensi/ tahapan yang selanjutnya.

Pertama, kita harus tau diri sendiri. Tes bakat dapat menjadi salah satu cara memahami diri sendiri.
Kedua, kita harus tau bagaimana lingkungan sekitar kita agar dapat mempengaruhi lingkungan sekitar menuju tujuan yang diinginkan.

Hasil riset yang pernah dimuat di Harvard Business Revie (Maret 2016) dengan judul “The Most Important Leadership Competencies, According to Leaders Around the World” menyebutkan 10 kompetensi, 8 diantaranya adalah berkaitan dengan komunikasi efektif.
Ketiga, kita harus tau pekerjaan kita supaya menjadi pemimpin yang matang.

Reporter: Alfain Jalaluddin Ramadlan