Sarasehan Motivasion Day IGI Jatim Dihadiri Pj Bupati Jombang, Inilah Pesannya!

Listen to this article

JOMBANG lintasjatimnews.com – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengadakan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dan Hari Ulang Tahun IGI yang ke 14 tahun. Dua jenis kegiatan yang diselenggarakan, yaitu; Apel Akbar dan Sarasehan Motivasion Day, hari Minggu (3/12/2023).

Kegiatan Apel Akbar bertempat di halaman kantor Bupati Jombang, sedangkan Sarasehan Motivasion Day menempati Aula Bung Tomo yang berlokasi di perkantoran Bupati Jombang. Bertindak sebagai keynote speaker Pj Bupati Jombang (Sugiat, SSos MPsi T) dan Ketua IGI Jatim (Sukari, SPd MPd).

Acara Sarasehan Motivasion Day dihadiri Pengurus IGI Jatim dan Pengurus IGI Kota/Kabupaten se Jatim. Tampak hadir juga undangan dari instansi dan organisasi profesi guru, di antaranya; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, PGRI Jombang, Pergunu Jombang, KGBN Jombang, dan undangan lainya.

Sarasehan dipandu dua bidadari sebagai pembawa acara (MC), Nur Hasanah dan Putri Setyaning Dinarti. Setelah dibuka MC, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesian Raya dan Mars IGI, serta pembacaan doa sebagai bentuk syukur dan harapan semoga sarasehan berjalan lancar.

Berikutnya sambutan panitia, Yoni Trijoko Kurnianto, SPd MSi, menyampaikan, “Ada tiga hal yang saya laporkan pada kesempatan ini. Pertama, rangkaian kegiatan HGN 2023 dan HUT IGI ke 14 mengambil tema; ‘Harmoni Guru Indonesia Bergerak dengan Berkarya’. Kedua, tujuan kegiatan adalah konsolidasi, kolaborasi, dan manifestasi dan Rakerwil. Ketiga, bentuk acara apel akbar dan sarasehan,” pungkasnya.

Selanjutnya sambutan ketua IGI Jatim, “Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Pj Bupati beserta jajarannya yang menyambut pengurus IGI se Jatim dengan menyedian fasilitas Istimewa dengan gedung pertemuan ini. IGI sebagai organisasi profesi siap bersinergi dengan pemerintah daerah dan organisasi profesi lainnya,” jelas Sukari SPd MPd.

Di samping itu, Sukari SPd MPd. melaporkan perkembangan IGI di Jatim yang telah memiliki anggota 27 ribu lebih dan berdiri 38 Pengurus IGI Kota/Kabupaten di Jatim. Jumlah anggota IGI tersebut merupakan potensi untuk menggerakkan dan berkarya sesuai dengan profesinya.

Berikutnya paparan sambutan Pj Bupati Jombang (Sugiat, SSos MPsi T), “Guru memiliki peranan yang sangat urgen dalam mencetak generasi emas, maka guru harus kreatif dan inovatif. Guru harus berani mengambil resiko dan tidak boleh takut dengan perubahan saat ini,” jelas pria yang sebelumnya bertugas di BIN.

“Ke depan, peran guru menjadi sangat strategis dalam pembangunan jangka panjang, maka guru harus berlomba-lomba dalam kebaikan. Termasuk pemerintah melalui Kemendikbud Ristek saat ini melaksanakan Program Guru Penggrak (PPG) untuk menyiapkan pemimpin yang handal dalam bidang pendidikan, maka manfaat moment tersebut,” pungkas pria asli Jombang.

Sebelum meninggalkan aula Bung Tomo, Pj Bupati Jombang menerima cinderamata dari Ketua IGI Jatim. Di samping itu, Pj Bupati Jombang dan peserta sarasehan dihibur dengan tarian yang dipersembahkan siswa-siswi SMP Negeri 1 Mojoagung Jombang; Tari Remo dan Tari Tunggak Prajak.

Setelah sarasehan dilanjutkan dengan acara lounching buku elektronik (E-Book) karya anggota IGI Jatim. Sebelum ditutup, agenda terakhir undian kado dari guru untuk guru. Selamat HUT IGI ke 14, semoga IGI Jatim senantia Solid, berkarya, bergerak, dan berimbas dalam kehidupan masyarakat.

Reporter: Efendy