Tiga Duta SMPM Jipat Karangasem Lamongan Borong 3 Juara Kami Festival

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Prestasi gemilang kembali diukir tiga duta SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Ketiga siswa-siswi tersebut meraih gelar juara di even Kompetisi Anak Islami (Kami) Festival Tingkat SMP/MTs se Jawa Timut 2023.

Lomba Kami Festival diselenggarakan Pemuda Hafidz Surabaya dengan PPTPAMU Kota Surabaya, lomba bertempat di MTs Muhammadiyah 19 Surabaya, Sabtu (25/11/2023). Adapun ada lima cabang yang dilombakan di antaranya; Adzan, Da’i, Kaligrafi, Tahfidz, dan Tartil.

SMPM Jipat Karangasem Paciran mengirim tiga siswa yang diikutkan dalam lomba Adzan, Kaligrafi, dan Tartil dari lima cabang yang dislenggarakan panitia. Adapun guru pembina yang mendampingi adalah Ustadz M Syamsul Arifin (Adzan dan Tartil) dan Ustadz Ziham Azhar, SPdI (Kaligrafi)

Berdasarkan ketentuan dalam proposal yang diedarkan panitia bahwa peserta wajib mengikuti syarat-syarat yang ditetapkan panitia. Di antaranya; Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan masing-masing cabang yang dilombakan akan diambil tiga pemenang, yaitu juara 1, 2, dan 3 berdasarkan point yang diperoleh.

Adapun kriteria penilaian yang ditetapkan panitia dari tiga cabang lomba yang diikuti duta SMPM Jipat Karangasem sebagai berikut; Lomba Tartil (Kelancaran 30%, Tajwid 30%, Makhraj 30%, dan Nada/Lagu 10%). Lomba Adzan (Makhraj dan Tajwid 30%, Irama dan Suara 30%, Penghayatan 30%, serta Adab 10%). Lomba Kaligrafi (Tema 30%, Kerapian 30%, Kaidah Penulisan 30%, dan Pengambilan Warna 10%).

Ketiga duta siswa SMPM Jipat Karangasem memperoleh penilaian yang baik sekali dan baik sesuai dengan point yang ditentukan panitia. Oleh karenaiitu, ketiga berhak masuk dalam tiga besar dalam setiap cabang lomba yang diikuti. Berikut ini rincian juara yang diperoleh:

Juara 1 Lomba Adzan (M Abdillah Setiyawan – Kelas VII)
Juara 1 Lomba Tartil (Bilqiis Syifa Kamaliya – Kelas VII)
Juara 3 Lomba Kaligrafi (Husnia Imro’atul Mukaromah – Kelas IX)

Ustadz M Syamsul Arifin, menyampaikan, “Alhdulillah anak-anak tampil dengan baik dan tenang sehingga hasilnya maksimal dan memperoleh juara 1. Bilqiis memang memiliki bakat sejak di MI sehingga mudah untuk melatih dan mengarahkan. Sedangkan Abdillah memiliki suara bagus dan kuat, serta mental cukup baik,” jelas guru Qiro’ah dan Tartil.

Sementara itu, Ustadz Ziham Azhar, SPdI, “Husnia merupakan siswi asal Surabaya yang berbakat di bidang kaligrafi sejak masuk SMPM Jipat. Ia tekun dan sabar dalam berlatih sehingga dalam setiap perlombaan kaligrafi yang diikuti pasti menyabet juara. Termasuk dalam kesempatan lomba kali ini mendapatkan juara 3, Alhamdulillah,” pungkas guru pembina ekstra kaligrafi.

Selamat dan sukses siswa-siswi SMPM Jipat Karangasem yang telah juara di bidang Adzan, Tartil, dan Kaligrafi di even Kami Festival 2023 di Surabaya Tingkat SMP/MTs se Jawa Timur. Para pemerang berhak mendapatkan piala, sertifikat, souvenir, dan coffee break.

Reporter: Efendy