Musyda IGI Lamongan Dihadiri Ketua Jatim, Ini Pesan dan Harapannya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Masa bakti kepengurusan daerah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Lamongan telah berakhir (2018-2023). Sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku dalam IGI, maka reformasi kepemimpinan merupakan agenda 5 tahunan sebagai keharusan bagi IGI Kabupaten Lamongan.

Kegiatan pergantian kepengurusan tersebut bernama Musyawarah Daerah (Musyda) IGI Kabupaten Lamongan Jawa Timur Tahun 2023. Musyda IGI Kabupaten Lamongan 2023 diselenggarakan di Meeting Room Hotel Edotel SMK Negeri 1 Lamongan, hari Minggu (12/11/2023).

Musyda IGI Kabupaten Lamongan 2023 dihadiri pengurus, anggota, ketua IGI Jawa Timur (Sukari, SPd. MPd) dan jajarannya. Partipisasi perserta Musyda terbagi menjadi 2, yaitu; peserta luring (hadir langsung di lokasi) dan peserta daring (melalui zoom meeting) bagi yang tidak bisa hadir di lokasi Musyda IGI Kabupaten Lamongan.

Acara pembukaan Musyda IGI Kabupaten Lamongan dipandu Dwi Ita Agustina, SPd diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars IGI. Selanjutnya sambutan Sukari, SPd. MPd (Ketua IGI Jawa Timur) dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Musyda Musyda IGI Kabupaten Lamongan 2023. Acara pembukaan ditutup dengan do’a oleh Abah Shoham, SSos. SPdI.

Dalam sambutannya, Sukari, SPd. MPd, menyampaikan, “IGI merupakan salah satu organisasi profesi guru yang telah diakui eksistensinya mulai dari pusat, wilayah, dan daerah. Dinamika dan perkembangan IGI di setiap daerah tentu berbeda-beda antara satu dengan lainnya,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala SMAM 1 Gresik.

“Proses kaderisasi IGI di Jatim telah berjalan dengan baik, sebagai bukti setiap musyda IGI digelar muncul generasi dan kader baru. Kemunculannya siap membawa IGI lebih maju dan lebih baik, serta mampu menggrakkan roda organisasi. Musyawarah mufakat sebagai dasar dalam musya IGI, maka siapapun yang terpilih. Saya mengajak semuanya, mari bersama-sama untuk menjadikan IGI Lamongan lebih baik dan semakin maju,” pungkas.

Agenda musyda IGI Lamongan berikutnya sidang pleno, dipimpin oleh Jamiyatul Khoir, SKom. (Pengurus IGI Jatim). Terdapat 4 sidang pleno yang dijalani, di antaranya; Sidang Pleno I: Pembahasab tentang Tata Tertib Musyda, Sidang Pleno II: Laporan Kegiatan Kepengurusan IGI Kabupaten Lamongan Masa Bakti 2018-2023.

Sidang Pleno III: Pembahasan Syarat-syarat dan Kriteria Calon Ketua IGI, serta Teknis Pemilihan Ketua IGI Kabupaten Lamongan Masa Bakti 2023-2028. Sedangkan Sidang Pleno IV: Pembahasan Usulan Nama-nama Dewan Kehormatan IGI Kabupaten Lamongan Masa Bakti 2023-2028.

Dalam sidang pleno ketiga, proses pemilihan langsung Ketua IGI Kabupaten Lamongan Masa Bakti 2023-2028 terdapat 2 calon, yaitu; 1) Ekwanto, SPd MM dan 2) Yuli Bayu Jatmiko, SST. Par. Akhirnya, Ekwanto, SPd MM memperoleh suara terbanyak dan ditetapkan sebagai ketua IGI Kabupaten Lamongan dalam sidang pleno ketiga.

Setelah terpilih, Ekwanto, SPd MM, memberikan kata sambutan berikut, “Di periode yang kedua ini, eksistensi dan tantangan IGI Lamongan bertambah berat. Lebih-lebih pasca pandemi Covid-19. Maka diperlukan terobosan baru dalam beragam kegiatan yang akan diprogramkan bersama,” jelas Guru SMK Negeri 1 Lamongan.

“Program-program yang belum terlaksana masa periode sebelumnya, Insya Allah akan dilaksanakan dalam periode ini. Asalkan masih dibutuhkan oleh guru-guru dan lembaga pendidikan. Kita akan menggaungkan kembali keberadaan IGI Lamongan dengan menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan Musyda IGI Kabupaten Lamongan 2023, Ketua IGI Jawa Timur menutup kegitan dan memberikan sambutan dengan penuh harapan, “Kemaslah program kerja dengan kegiatan lain sebaik-baiknya, seperti; kegiatan pelantikan pengurus bisa digabung dengan kegiatan workshop atau seminar. Tetap semangat dan teguhkan, bahwa kita tidak sendiri,” jelasnya.

Reporter: Efendy