Gubernur Jatim Akan Resmikan Gedung Poskal Ponpes Karangasem Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Gedung Planetarium dan Observatorium Karangasem Lamongan (Poskal) milik Ponpes Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan menurut rencana akan diresmikan Gubernur Jawa Timur (Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansah, M.Si.), Jum’at (20/19/2023).

Poskal merupakan salah satu amal usaha yang dikembangkan Ponpes Karangasem sebagai fasilitas dan sarana belajar Ilmu Falak (Astronomi). Muatan lokal kepensantrenan yang diajarkan di pendidikan formal pada satuan pendidikan SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PT di lingkungan Ponpes Karangasem.

Kehadiran Poskal di Kabupaten Lamongan bisa digunakan untuk pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Falak se Kabupaten Lamongan. Tujuan untuk mengembangkan dan mempraktikan cara menentukan awal bulan qomariyah atau ru’yatul hilal.

Gedung Poskal terletak di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Lokasi Poskal mudah dijangkau dengan kendaraan roda 2 atau roda 4, ke depan bisa dijadikan alternatif wisata pendidikan dan tidak jauh dari lokasi terdapat situs makan Sunan Sendangduwur.

Poskal berdiri megah di atas tanah 1 hektar dengan luas bangunan 600 M2 terdiri 3 lantai. Gedung ini dibangun dari bantuan Provinsi Jawa Timur dan dana swadaya Ponpes Karangasem. Rencana peresmian Poskal dibarengkan dengan rangkaian Milad Ponpes Karangasem Ke-75 dengan menghadirkan Gubernur Jatim.

Pantauan Repoter lintasjatimnews.com di lokasi, Kamis (19/10/2023) tampak panitia telah menyiapkan untuk kegiatan besuk. Rapat persiapan dipimpin H. Anis Azhar, S.P. dan dihadiri langsung Pengasuh Ponpes Karangasem (KH. Drs. Abdul Hakam Mubarok, Lc. M.Pd.), serta Kabag di lingkungan Ponpes Karangasem.

Berdasarkan mata acara yang tertera dalam kartu undangan, acara peresmian Poskal besuk dan konfirmasi dari H. Anis Azhar, S.P., “Selain Ibu Khofifah, Insya Allah akan hadir Ketua PW Muhammadiyah Jatim, Bupati Lamongan, PD Muhammadiyah Lamongan, Kepala Kantor Kemenag Lamongan, dan tokoh Masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Fatih Futhoni, M.Pd., menjelaskan, “Selain undangan VVIP dan VIP, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Ponpes Karangasem diundang semuanya. Jumlah undangan yang diedarkan sejumlah 750 undangan,” jelasnya.

“Panitia sudah berusaha dengan maksimal, semoga acara besuk berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Kabupaten Lamongan, PW dan PD Muhammadiyah, dermawan, serta panitia yang telah berkerja dengan maksimal untuk mensukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

Reporter: Efendy