SMPM 12 Adakan Workshop Kepenulisan, Terdengar Celoteh Wartawan Kecil di Dalamnya

Listen to this article

LAMONGAN Lintasjatimnews.com – Workshop Kepenulisan Tim Jurnalistik digelar di SMPM 12 Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur, di Gedung KH Mas Mansur Lantai 1, dan Gedung KH Azhar Basyir Lantai 1, Rabo-Kamis 18-19/10/2023.

Kegiatan yang diinisiasi oleh koordinator jurnalistis SMPM 12 Sendangagung ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis berita di lingkungan SMPM 12 dan Ponpes Al Ishlah Sendangagung.

Banyak dan sering peristiwa penting di lingkungaan kita ini diadakan, dan ini peluang bagus untuk kita narasikan dan kita publikasikan dalam bentuk berita sehingga syiar lembaga ini terus tersiar melalui berita yang kita susun.

Hal ini diungkapkan Sri Asian SPd Koordinator Jurnalistis dan Pimred Majalah Teras SMPM 12 Sendangagung ini. Lebih lanjut ibu 4 anak ini menjelaskan bahwa kegiatan ini rutinitas tahunan dan selalu diadakan di awal kepengurusan majalah.

Dalam kegiatan ini telah terjadwal untuk tanggal 18/10/2023 Sri Asian SPd Muqaddimah dan dilanjut menulis berita oleh Gondo Waloyo MA, untuk tanggal 19/10/2923, Kaidah kebahasaan yang baik dan benar oleh Evy Nur Laila Shum dan dilanjut cara mengadopsi berita yang baik di internet oleh Muhammad Fazid Ulya Nahary Amd.

Nampak antusiasme anak-anak jurnalis yunior ini dari cara mereka mengikuti kegiatan workshop ini, banyak yang aktif tanya dan curhat saat dibuka sesi diskusi. Evelyn Nabawi salah satu peserta workshop sering minta bimbingan dan arahan dari pemateri tentang cara menulis berita. Dia merasa sering tidak runtut dan tidak fokus dalam menulis, keluh santri kelas 9F ini.

Sementara itu, Nadin Nur Hidayah (santri asal Solokuro) mengeluhkan kendala santri yang ingin menulis tapi tidak boleh bawa hp atau laptop di pondok.

Mendapat keluhan demikian Gondo Waloyo, pemateri kepenulisan secara arif menjawab bahwa dalam menulis perlu strategi supaya bisa fokus, seperti mengambil tempat sepi atau di waktu istirahat tidak di jam sibuk.

Adapun proses pengetikan bisa ditulis di atas kertas terlebih dahulu baru minta fasilitas laptop atau hp untuk pengeditan dan pengiriman tulisan. “Inti meliput adalah mendokumentasi peristiwa dan menarasikan dalam bentuk berita”, tegasnya kepada peserta workshop.

Di ujung acara pemateri memberikan tugas untuk dikerjakan, dan diiming-iming akan ada yang dikirim ke media berita jika ada narasi berita yang bagus dan menarik dari buah harya peserta workshop ini.

Reporter Gondo Waloyo.