BPPI Jatim Sigap Turun Bantu Warga Korban Kebakaran Hutan Gunung Lawu

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – Hutan Gunung Lawu di Ngawi, Jawa Timur, kebakaran kembali dilahap sijago merah, kali ini titik api muncul di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul dan Campur Rejo, kecamatan Jogorogo. Kebakaran terjadi sejak kemarin, Sabtu (30/9/2023).

Dilansir www.lintasjatimnews.com Kapolsek Jogorogo Ngawi AKP Nur Hidayat mengaku tim gabungan pemadaman dari TNI-Polri dan BPBD sudah tidak bisa memadamkan api secara manual.

Mengingat api menjadi membesar dan sekarang sudah mulai naik ke wilayah Magetan, maka sulit bagi kami melakukan pemadaman secara manual, jelas Nur.

Kawasan Gunung Gede area Gunung Lawu berada di sisi utara Ngawi. Hingga kini tim relawan masih berupaya melakukan pemadaman. Kini, api mulai merembat ke wilayah Magetan. Penjelasan dari salah satu Relawan dari Barisan Patriot Peduli Indonesia (BPPI) Niko Demie Yanto selaku Ketua DPW Jatim.

Bantuan Pemda perupa pendirian dapur umum dan tempat pengungsian sementara, serta bantuan sembako dan air bersih sudah mulai berdatangan, ujar Niko.

Titik api ada di petak 73 perhutani, pendirian pos darurat sementara berada di desa yang terdekat, dapur umum sudah ada, sementara warga belum bisa di ungsikan, lokasi titik api sekitar 7 km dari pemukiman warga, bila kondisi terlihat darurat warga baru mulai di ungsikan, tegas Niko saat dikonfirmasi www.lintasjatimnews.com

Reporter: Cak Bas