Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Hadir Dalam Acara Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) Yang Ke-623

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Ribuan jama’ah yang mayoritas putri hadir dalam acara Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) yang ke-623, tampak hadir pula Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Aula Gedung Syekh Maulana Malik Ibrahim, pada Selasa (26/09/2023).

Menurut Gubernur Khofifah, Syekh Maulana Malik Ibrahim adalah salah satu Wali Songo yang patut diteladani, karena jasanya sangat besar dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia pada umumnya dan sekitaran Gresik khususnya.

“Beliau menyebarkan agama Islam dengan penuh damai, santun dan berhati lembut. Beliau sosok wali songo paling senior. Sosoknya tak lekang zaman meski sudah 623 tahun,Dengan penuh santun, beliu berdakwah Islam ajaran bisa mempersatukan umat, memberikan rasa memanusiakan yang satu dengan yang lain dan mengajak sesama berbuat kebaikan dan kebajikan,” terangnya.

Gubernur Khofifah ingin sekali meneladani kesantunan Sunan Gresik dalam memimpin masyarakat Jawa Timur.

lebih lanjut, terkait pendidikan,khofifah menyampaikan, untuk memperbaiki kualitas SDM, Pemerintah Provinsi Jatim setiap tahun mengirim 30 mahasiswa untuk belajar ke Al Azhar Kairo Mesir. Sedang di dalam negeri memberikan beasiswa khusus Guru Diniyah S1 S2 dan S3 sebanyak 505 mahasiswa.

Ia juga memberikan tunjangan kehormatan atau bantuan tiap tahun kepada 11.900 sarana ibadah baik musala atau masjid, yang sekarang hampir mencapai 53.000 masjid atau musala. Serta 4.900 beasiswa untuk para hafizah.

“Insya Allah tahun depan sudah ada 80 doktor berbasis Guru Diniyah tersebar di seluruh Pesantren di Jawa Timur. Mudah-mudahan Jatim barokah,” ungkapnya.

fotobybudilintasjatimnews (haul sunan gresik ke-623)

dalam kegiatan yang sama, hadir penceramah asal Indramayu Jawa barat, ustazah Halimah Alaydrus mengajak para jemaah untuk selalu membaca sholawat.

“Karena cinta yang pasti dibalas cinta adalah cinta kepada Rasulullah nabi Muhammad Saw. Seemoga di yaumul qiyamah dipertemukan oleh Allah SWT dengan nabi besar Muhammad Saw. Semoga dengan kegiatan ini dan cinta kepada waliyullah di haul Syekh Maulana Malik Ibrahim mendapat berkahnya, amin,” pungkasnya.

Reporter Budihariyanto