Ingin Kembalikan Kejayaan Desa Kemantren Tulangan sebagai Basis Atlit Voli

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews.com – Ratusan warga desa Kemantren kecamatan Tulangan Sidoarjo Kamis (24/8/2023) malam usai sholat Isya’ padati lapangan voli depan balai desa, jalan Balai Desa Kemantren No 1 Kemantren, Tulangan, Sidoarjo.

Warga segala usia pada malam itu turut menyaksikan pertandingan terakhir, final kejuaran bola voli putri antar RT di wilayah desa Kemantren. Malam itu mempertandingkan group voli putri RT 08 RW 01 melawan RT 02 RW 02.

“Sebelum pertandingan final, sengaja kami gelar pertandingan hiburan antar ketua RT dari dua dusun sekaligus RW di sini, yakni antara tim dusun Kemantren yang memiliki 10 RT melawan tim dusun Keputran ada 9 RT,” terang Didik Dwi Hariadi selaku ketua panitia PHBN desa Kemantren.

Uniknya, sebelum pertandingan eksibisi antar ketua RT dilakukan national anthem atau menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang memadati acara. Selanjutnya mendengarkan sambutan kepala desa Kemantren Tulangan, H. Kuswandi SH MM.

“Kami selaku pemerintahan desa Kemantren mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran RT, RW, LPMD, BPD semuanya atas partisipasi dan dukungannya atas terlaksananya seluruh kegiatan pada bulan Agustus 2023 ini sebagai bagian dari PHBN

Khususnya turnamen bola voli selama satu bulan ini, yang diikuti 19 tim putra dan 19 tim putri. Alhamdulillah, cuaca mendukung, tidak ada halangan suatu apapun. Melalui kegiatan ini semoga kita bisa guyub rukun sama-sama memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-78 bisa terlaksana dengan baik. semoga tahun depan bisa kita rayakan lebih meriah lagi,” ucap kepala desa Kemantren Tulangan, H. Kuswandi SH MM, yang disambut tepuk tangan seluruh warga yang hadir.

Di tempat yang sama, hadir pula Pelda Andi purwanto, Babinsa desa Kemantren dari koramil Tulangan Sidoarjo yang bertugas mengawal seluruh pertandingan dari 19 tim putra dan 19 tim putri bertanding setiap hari bergantian.

“Alhamdulillah, untuk masalah pencurian dan tawuran tidak ada, meski ratusan masyarakat membludak seperti ini setiap pertandingan dari tanggal 4 Agustus sampai Kamis (24/8/2023) malam ini sebulan ini. Keseluruhan cukup kondusif. Pertandingan hampir tiap malam, dimulai pukul 20.00 sampai pukul 23.00. Saya pulang sampai rumah di Tanggulangin dini hari.

Pernah satu hari saya masuk angin, tapi sebagai Babinsa saya harus mengcover keamanan setiap kegiatan warga karena kami babinsa adalah pelayan masyarakat desa Kemantren ini, ya wajib hadir,” tegas Pelda Andi Purwanto.

Menurut ketua pantia PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) desa Kemantren, Didik kegiatan HUT kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 ada tiga kompetisi besar antar RT. Yakni lomba Voli, Catur dan menghias kampung.

“Khusus turnamen bola voli kami lakukan lebih serius karena kami ingin mengembalikan kejayaan desa Kemantren sini dulunya basisnya atlit voli Sidoarjo era 70-an, 80-an hingga 90-an. Kini ingin kami bangkitkan lagi mencari bibit-bibit atlit voli sejak dini.

Khusus turnamen tahun ini kami buka kelompok usia di atas 13 tahun. Tahun-tahun sebelumnya banyak dari usia dewasa, sudah menikah dan mayoritas di atas usia 30 tahun. Mulai tahun ini kami tampilkan atlit muda desa ini,” tegas Didik Dwi Hariadi.

Menurut Didik, panggilan akrabnya, turnamen bola volly desa Kemantren Tulangan menjadi agenda tahunan sejak tahun 2015. Meski sempat terhenti karena Covid 19 dan diadakan lagi di tahun 2023.

Reporter: Zuhri.