Jelang Pilkades, Danramil 0801/12 Pringkuku Hadiri Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Pagi ini, Danramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan Kapten Budi Eko P, menghadiri kegiatan sosialisasi tata cara pencoblosan jelang pelaksanaan Pilkades secara serentak, bertempat di Balai Desa Pelem, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jumat (18/08/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya panitia penyelenggara, untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada seluruh warga terkait tata cara pencoblosan kepada bakal calon Kades, sehingga pelaksanaannya berjalan tertib, aman dan lancar sesuai ketentuan yang ditetapkan.

Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan bagaimana tata cara melakukan pencoblosan surat suara, mulai dari datang, pelaksanaan pencoblosan, hingga memasukkan kembali ke kotak suara.

Sementara itu dalam arahannya, Danramil 0801/12 Pringkuku mengingatkan kepada panitia penyelenggara untuk mempersiapkan segala sesuatu guna mendukung kesiapan pelaksanaan Pilkades dalam waktu dekat, agar tidak mengalami kendala di lapangan.

“Kepada panitia dan pengawas Pilkades nantinya agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai peraturan undang-undang yang berlaku. Yakni dengan bersikap adil, profesional dan netral, dalam arti jangan sampai ada keberpihakan kepada salah satu calon”, kata Danramil dalam forum rapat.

Lebih dari itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Pelem, pada saat pelaksanaan Pilkades nantinya dapat menyalurkan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing, tanpa ada paksaan ataupun intervensi dari pihak manapun.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan Pilkades serentak, ciptakan kondusivitas baik menjelang maupun saat pemilihan. Namun demikian, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, kami pihak TNI-Polri akan bersinergi mengamankan dan mengawal pesta demokrasi di tingkat Desa tersebut dari awal hingga selesai”, ungkap Danramil.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut diantaranya, Santoso (Tim monitoring dari Kecamatan), Sugito Haris (PLH Kades Pelem), Pardi (Kepala BPD), Suprihatin (ketua panitia Pilkades), Jarno (calon Kades), Rini Handayani (calon Kades), para Kepala Dusun, Ketua RT serta tokoh masyarakat Desa Pelem.

Reporter: priyo