Tingkatkan Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 0801/Pacitan Gelar Tes Garjas Periodik I TA. 2023

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Untuk meningkatkan kemampuan fisik para Prajurit, Kodim 0801/Pacitan menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I Tahun 2023 bertempat di lapangan Peta Makodim Jl. Letjen Suprapto No 42 Pacitan, Senin (08/05/2023).

Pelaksanaan tes kesegaran jasmani merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD khususnya Kodim 0801/Pacitan, guna mendukung tugas pokok kedepan sehingga berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Tes Garjas periodik I TA 2023 yang diujikan diantaranya Tes Kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 Menit dan Tes Kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up serta Shuttle Run. Usai Tes Kesegaran A dan B, kemudian dilanjutkan Tes Ketangkasan berupa Renang Gaya Dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan Tes Garjas, seluruh peserta mengikuti pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa seluruh peserta siap melaksanakan Tes Garjas.

Setelah semua tahapan selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan peregangan, serta pemanasan, guna menghindari kram otot maupun hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat pelaksanaan Tes Garjas.

Selain itu, tim kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan ambulance untuk antisipasi dan evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, guna memberikan pertolongan pertama serta mempermudah jalannya evakuasi bila sewaktu-waktu diperlukan.

Sementara itu, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menekankan kepada para prajuritnya, agar melaksanakan kegiatan Tes Garjas secara maksimal serta mengikuti semua arahan tim penguji, karena hal ini juga dapat menunjang karier para prajurit terutama yang akan naik pangkat.

“Laksanakan kegiatan ini secara serius dan penuh semangat, akan tetapi tetap utamakan faktor keamanan. Ikuti semua yang di instruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan”, tegas Dandim saat meninjau pelaksanaan Tes Garjas di lokasi.

“Saya berharap pelaksanaan Tes Garjas dapat berjalan tertib, aman dan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Tentunya dengan hasil yang maksimal”, ungkap Dandim.

Reporter : priyo