Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Mengumpulkan Para Seniman Pelukis se-Jawa Timur

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – DISBUDPAR bersama komunitas pelukis akrilik menggelar pameran lukisan dengan tema “CITY SCAPE” dengan melibatkan 25 pelukis dari 9 kota yang berada di Jawa Timur.

UPT Taman Budaya Jawa Timur menjadi ruang publik bagi berlangsungnya aktivitas kegiatan seni dan budaya, dengan secara konsisten menyelenggarakan acara yang berbasis kesenian untuk menjadi wadah bagi karya-karya terbaik dari seniman Jawa Timur. Tidak terkecuali dengan kegiatan Fasilitasi Pameran Painting Exebition “City Scape” ini.

DISBUDPAR Painting Exhibition “City Scape” diselenggarakan mulai tanggal 02-08 Mei 2023, pukul 09:00 – 20:00 WIB. Dalam ruangan Galeri Prabangkara UPT Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Gentengkali 85 Surabaya.

Pembukaan Acara Painting Exhibition, Pada hari Selasa, 02 Mei 2023, pukul 15:00 WIB, dan dibuka langsung oleh Samad Widodo., SS., MM. selaku Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Cak Durasim. Mewakili Kadisbudpar Jatim.

“UTP Taman Budaya Jatim ini hanya sebagai tempat untuk mewadahi para pelukis, mulai lukisan yang sudah tua sampai lukisan yang termuda saat ini,” tutur Samad.

“Pameran kali ini beda komunitas dan tema, dari akrilik itu cat air dan cat minyak, dan diikuti oleh 9 daerah, terdiri dari Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Lumajang, Tuban, Mojokerto,” tegasnya.

Pameran Lukisan ini merupakan karya-karya terbaik dari para seniman perupa yang terkumpul dalam komunitas perupa “KOPLAK (Komunitas Pelukis Akrilik)” Jawa Timur. Beberapa karya seni yang dipamerkan dalam kegiatan kali ini melibatkan dua puluh lima (25) orang yang terdiri dari : Arief Wong, Andik Eko, Anik Ardana, Budi San, Camil Hady, Cholis Rajaba, Cak Har, Esti S. Ardian, Hendy Prayudi, Joko Pri, Ki Gembong, M. Efendi, Muit Arsa, Misgeiyanto, Nadira Zahra, S. Ponco W, Syaiful Amin, Tri Irianto, Sugeng Lanang, Weebech, Wahyu Subagja, Jiyu Spd, Yoyok Wibowo, Yopy A, Welldo Wnophringgo.

Dalam kegiatan Pameran Painting Exebition ini diharapkan kemudian memungkinkan terjadinya pertemuan rasa dari perupa dan para penikmat agar terjadi dialog yang membangun untuk saling melengkapi dan menjunjung tinggi keilmuan dalam mengapresiasi Seni Lukisan tersebut.

Berbagai karya seni yang dipamerkan dalam Pameran Painting Exebition “City Scape” ini tentunya telah mengalami proses kurasi dari Agus Koecink.

“Harapan kami para pelukis Jawa Timur bisa terangkat secara ekonominya terutama bagi pelukis bifabel, dan UTP taman budaya menjadi fasilitator bagi mereka,” imbuknya.

Reporter (CakBAS)