RSM Lamongan Tetap Buka dan Siaga 24 Jam Saat Lebaran, Ini Penjelasannya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Menjelang cuti bersama Lebaran (19 – 25 April 2023), RS Muhammadiyah Lamongan (RSML) memastikan pelayanan kesehatan tetap beroperasional maksimal. Demikian disampaikan Wakil Direktur Medik RS Muhammadiyah Lamongan dr M. Asro Abdih, Sp.U, Rabu (19/4/2023)

Dr M Asro Abdih, Sp.U menyatakan selama cuti bersama, pelayanan klinik medik dasar (rawat jalan) tetap buka seperti hari biasa. Buka mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 8 malam. Begitupula, layanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) tetap buka selama 24 jam.

’’Jadi, masyarakat kalau memerlukan pelayanan kesehatan langsung menuju klinik medik dasar atau bila ada kasus kegawatdaruratan dapat menuju IGD yang buka selama 24 jam,’’ jelas dokter Asro.

Lebih lanjut dr M. Asro Abdih menjelaskan, dalam sehari ada tiga sif tim medis yang berjaga. Setiap sif di IGD ada 2 dokter umum dan 8 perawat yang stand by. Selain itu, seluruh dokter spesialis akan tetap on call meski sedang libur. “Jaga-jaga bila ada kondisi urgen,’’ terangnya.

Dia memastikan pihaknya telah siap melakukan pelayanan selama libur Lebaran. Mereka juga telah menyiapkan skema pelayanan kesehatan bila ada lonjakan pasien di IGD. RSML sebagai RS siaga bencana, sudah terbiasa menghadapi lonjakan pasien, kami menyiapkan surge capacity saat ada kebutuhan tersebut”, jelasnya.

Dr M. Asro Abdih, Sp.U juga menjelaskan, menjelang mudik Lebaran, pihaknya telah menyiagakan tim emergency room. Tim akan selalu siap siaga 24 jam. Mencakup pelayanan kegawatdaruratan, baik itu kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, maupun kondisi lain.

Ia menambahkan bahwa pelayanan kesehatan esensial seperti IGD, ambulance, radiologi, laboratorium, farmasi, rawat inap, ICU, cathlab dan kamar operasi tetap buka 24 jam. Sementara itu, untuk unit dialisis (cuci darah) libur sehari pada Sabtu (22/4).

“Pelayanan klinik rawat jalan spesialis libur pada 21 dan 22 April. Sementara pada tanggal 19 dan 20 April 2023 masih berjalan seperti biasa. Sedangkan pada tanggal 23 April dan seterusnya, pelayanan klinik rawat jalan spesialis sudah buka sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh tim rawat jalan RSML,’’ tuturnya

Asro menjelaskan, masyarakat dapat mengikuti setiap berita informasi pelayanan di RSML melalui sosial media RSML dan aplikasi portal rsm lamongan yang dapat diunduh secara gratis melalui playstore di gadget android. Akses informasi pelayanan RSML, masyarakat dapat dengan mudah mengakses melalui aplikasi Portal RSML dan social media yang kita miliki

Terkait dengan layanan kegawatdaruratan, Asro mengatakan baik kecelakaan lalu lintas maupun kasus gawat darurat, masyarakat tidak perlu panik. Masyarakat cukup tekan aplikasi panic button RSML yang dapat diunduh dari playstore, petugas RSML akan dengan sigap menjemput ke lokasi kejadian

Selama mudik Lebaran, RSML juga turut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dalam mendukung operasi ketupat semeru 2023 di titik pos yang telah ditentukan. Petugas akan bersiaga 24 jam. “RSML mendapat tugas jaga pada tanggal 20 April 2023 di Pos Terminal Lamongan”, pungkasnya

Reporter : Fathurrahim Syuhadi