Yabhysa Sampang Lakukan Penyuluhan TBC dan Investigasi Kontak ke Sekolah-Sekolah

Listen to this article

SAMPANG lintasjatimnews.com – Lintasjatimnews.com Dalam rangka memperingati hari tuberkulosis (TBC) sedunia tahun 2023, Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (Yabhysa) Kabupaten Sampang melakukan penyuluhan dan investigasi kontak ke sekolah-sekolah, Kamis (23/3/2023).

Staff Program SSR Yabhysa Peduli TBC Sampang Shintya Dewi mengatakan, sedikitnya ada 8 sekolah SD di Sampang yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini. Pelajar dibekali pola hidup bersih dan sehat serta pengetahuan tentang TBC sejak dini.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menemukan kasus baru berdasarkan lingkup interaksi dan lokasi penderita berada. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang TBC sejak usia dini,” ujarnya

Menurut Shintya, anak-anak harus punya pengetahuan tentang pola hidup bersih dan sehat atau PHBS serta dibekali pengetahuan tentang penyakit TBC sejak dini.

“Sehingga saat dewasa tidak ada lagi stigma bahwa TBC itu memalukan, jika batuk tak kunjung sembuh ya harus periksa TBC, apalagi obat TBC gratis di Puskesmas,” terangnya

Perlu diketahui, kegiatan ini memang digalakkan secara masif oleh Yhabysa Sampang. Sebelumnya Kader Yhabysa melakukan screening pada warga binaan di Lapas Sampang. Tak hanya itu, Yhabysa juga diundang Kelurahan Banyuanyar untuk melakukan penyuluhan TBC di wilayah setempat.

“Kami sangat senang ketika ada dukungan dari lintas sektor seperti halnya beberapa hari yang lalu. Dimana Kelurahan Banyuanyar secara khusus mengundang kader Yabhysa untuk memberikan penyuluhan tentang TBC pada pertemuan yang diadakan di Pendopo kelurahan. Hal ini mencerminkan bahwa pemerintah daerah memperhatikan kepentingan warganya dari berbagai sektor terutama Kesehatan” tutupnya.

Reporter Fathur