Kodim 0801/Pacitan Turut Berpatisipasi Karya Bakti Bersihkan Sungai Ciliwung

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Sebanyak 120 Personel Satgas Pasukan BKO dari Kodim 0801/Pacitan turut berpartisispasi bersihkan Sungai Ciliwung , DPP Kapten Arm Rojak bekerja sama dengan warga, PPSU, UPK badan Air dan perangkat Kelurahan melaksanakan kegiatan pembersihan sampah yang ada di jalan professor doktor latumeten, Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Rabu (16/10/2024)

Kegiatan karya bakti pembersihan sampah yang ada di bantaran aliran sungai Ciliwung dari sampah dan puing ranting pohon yang menumpuk serta menghambat laju air sungai Ciliwung oleh bantu oleh warga setempat dan aparat terkait Tiga pilar.

Melalui kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung yang di laksanakan Pasukan Satgas BKO dari Kodim 0801/Pacitan, warga dan Aparat Pemda Kelurahan setempat, kita bisa menggugah kesadaran banyak pihak terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Sungai itu sumber air baku yang penting dan harus dijaga untuk keperluan minum, industri, pemukiman. di sungai CIliwung ini sudah mulai banyak endapan yang mengakibatkan banjir, terutama masalah sampah.

Mengapa Sungai Ciliwung perlu dijaga, sungai Ciliwung Sebagai salah satu sungai terbesar yang melintasi ibu kota, Sungai Ciliwung membantu mengalirkan air hujan dari wilayah urban ke pesisir laut di pantai Utara, menjaga agar kota Jakarta tetap berfungsi sebagai Pusat Sentra Ekonomi dan industri yang berkembang khususnya Kota Jakarta.

Selanjutnya pemanfaatan air dari Sungai Ciliwung untuk berbagai kegiatan seperti baku air minum, industri, perikanan dan perkebunan dilahan kosong.

Kapten inf Rajak saat di konfirmasi awak media mengatakan kegiatan karya bakti pembersihan sampah di bantaran sungai Ciliwung yang kita lakukan ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan ranting pohon yang mengarah ke sungai Ciliwung dan dibawa ke atas untuk selanjutnya dibuang ke lokasi yang sudah ditentukan oleh Dinas kebersihan Kecamatan Tambora dan selanjutnya dibawa ke lokasi TPST Bantar gebang Bekasi.

“Selanjutnya Mari Kita laksanakan kegiatan ini dengan semangat,kita harus bangga sudah turut berpartisipasi membersihkan sungai ciliwung yang ada di ibukota ini,semoga apa yang kita laksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat”, Pungkasnya.

Reporter: priyo