Kementan Gelar Pelatihan Pendampingan Manajemen Pompanisasi Bagi Babinsa Kodim 0801/Pacitan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Pagi ini dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan, dari Kementrian Pertanian (Kementan) Malang melaksanakan pelatihan pendampingan manajemen pompanisasi kepada 50 Babinsa di Aula Kopral Sigit Makodim 0801/Pacitan jln. Letjend R Suprapto No.42, Kel,Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Selasa (15/10/2024).

Pompanisasi merupakan salah satu program Kementerian Pertanian sebagai upaya untuk peningkatan produktivitas pertanian melalui pengairan/irigasi, yang saat ini tengah berjalan dibeberapa wilayah Indonesia.

“Dalam sambutannya Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul, S.H., M.I.P. menyampaikan bahwa kodim Pacitan selama ini sudah bekerjasama dengan dinas pertanian Kab Pacitan dalam rangka pendampingan Pertanian bersama penyuluh Pertanian mulai dari perluasan area tanam, penyaluran pupuk dan pendistribusi alat pertanian di 12 Kec yang tersebar di Kab Pacitan.Ujar Dandim.

Dandim juga berharap kepada tim dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang melalui pelatihan saat ini dapat memberikan ilmu bagi para Babinsa sehingga dalam melaksanakan pendampingan di wilayah binaanya benar-benar benar-benar sesuai dengan harapan dan keinginan.

“Kepada para Babinsa diharapkan agar menyimak dengan baik apa arahan serta petunjuk yang disampaikan, apabila ada kendala maupun dinamika dilapangan agar ditanyakan supaya kedepan jika ada problem di lapangan dapat di selesaikan dengan benar”,Ungkap Dandim.

Sementara itu Dr.drh. Iskandar Muda, M.Sc selaku ketua tim sosialisasi penyuluhan menambahkan bahwa pelatihan manajemen pendampingan pompanisasi bertujuan meningkatkan kapasitas dan kompetensi tim satgas pangan, khususnya Babinsa dan pendamping lapangan serta meningkatkan kualitas pengelolaan pendampingan program pompanisas, BPPSDM (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) Kementrian Pertanian sebagai penanggungjawab penyelenggara pelatihan berkomitmen mendukung penuh penyelenggaraaan pelatihan dari mulai perencanaan hingga evaluasi.

Saat ini fokus Kementan adalah mewujudkan akselerasi peningkatan produksi dan produktivitas pangan agar mampu swasembada, oleh karenanya, program pompanisasi perlu dukungan dari berbagai pihak agar dapat berjalan dengan optimal.

Kami berharap kepada para Babinsa yang mempunyai desa binaan mendorong pemerintah Desa untuk memprioritaskan berbagai program dan kegiatan di sektor pertanian yang mendukung ketahanan pangan dalam negeri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul, S.H., M.I.P., Dr.drh. Iskandar Muda, M.Sc (Widyaiswara Ahli Madya Kementrian Pertanian), Sdri Ninda Tika Sari, (Penelaah Teknis Kebijakan), Bpk Roikhatul Jannah, Md (Pranata Keuangan APBN Terampil), Bpk Suleman (Pengolah Data dan Informasi), Bpk Pontjo Tri Andajani, S.TP, MP (Widyaiswara Ahli), Ltd Cke Misrum (Pasi Pers Kodim 0801 Pacitan), Para Babinsa Kodim 0801/ Pacitan Sebanyak 50 orang.

Reporter: priyo