Sukseskan Program Pipanisasi, Babinsa Kodim Ponorogo Bantu Pengecoran Bak Penampungan Air

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews – Program Pipanisasi dari Pemerintah melalui TNI AD yang ada di wilayah Kodim 0802/Ponorogo sampai saat ini masih terus berlanjut yang kegiatannya terus dikawal dan didampingi para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dimana wilayahnya terdapat program pipanisasi, Selasa (15/10/2024).

Saat ini program pipanisasi yang masih berlangsung diantaranya yaitu di Desa Persiapan Argo Mulya Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo yang proses pembangunannya sudah pada taraf pengecoran bak penampungan kedua dan pelaksanaannya didampingi dan dikawal oleh Babinsa Persiapan Argo Mulya Serma Mariyanto.

Langkah proaktif Babinsa dalam kegiatan tersebut merupakan wujud tugas dan tanggung jawabnya guna menyukseskan Program Komando atas serta membantu warga yang kesulitan memperoleh kebutuhan air untuk kehidupan sehari hari maupun untuk pertanian.

“ Untuk hari ini sudah pada proses pemasangan begisting papan cor bak penampungan air yang kedua dan sudah pada pencapaian sekitar 62 % dan akan dilanjutkan pengecoran besok, “ kata Babinsa Persiapan Argo Mulya.

Diterangkan Serma Mariyanto bahwa pembangunan tersebut agat sedikit terhambat karena ada beberapa faktor yang diantaranya yaitu susahnya medan sehingga bahan matrial bangunan harus diangkut menggunakan kendaraan roda dua milik warga yang kapasitasnya sangat terbatas.

Dilaporkan juga bahwa program pipanisasi yang jaraknya antara sumber mata air menuju tendon pertama sekitar 15 meter, tandon pertama ke tandon kedua 325 meter dan dari tandon kedua menuju rumah warga terjauh sekitar 2500 meter tersebut bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga Dukuh Gembes Desa Persiapan Argo Mulyo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo sebanyak 459 jiwa.

Reporter: zaenuri