Melaksanakan Penyembelihan Hewan Kurban Setiap Idul Adha

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Setiap tahun, SMP Negeri 3 Babat Istiqomah atau ajeg menyembelih hewan kurban. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada tahun ini dilaksanakan pada hari tasyrik, 11 Dzulhijah 1445, Selasa (18/06/2024).

Dua ekor sapi kurban syirkah dari 14 orang: 9 guru dan tenaga kependidikan, lima orang dari unsur wali murid, komite, dan/alumni. 14 orang tersebut adalah

Sapi 1, syirkah atas nama

  1. M. Said, M.Pd. (GTK)
  2. H. Agus Imam, M.Pd (GTK)
  3. Firdaus Irwansyah, S.Pd.
  4. Jauhari (komite/alumni)
  5. Gendut Edi Takariyanto, S.Pd.
  6. M. Rivaldi Idris (komite)
  7. H. Nur Salin (aghniya)

Sapi 2, syirkah kurban atas nama

  1. Sri Rahayu, S.Pd.
  2. Siti Rohmatun S.Pd.
  3. Uswatun Hasanah, S.Pd.I.
  4. Ardiana Siti Kho, M.Pd.
  5. Siti Musyarofah, M.Pd.
  6. Devivina Ariana Nur Faizah (alumni)
  7. Anik Rahmawati (alumni GTK)

Dihubungi awak lintasjatimnews.com, Kepala SMP Negeri 3 Babat berujar bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban ini selain memberikan kesempatan GTK SMP Negeri 3 Babat untuk beramal kebajikan juga memberikan pembelajaran langsung pada peserta didik.

Pantauan awak lintasjatimnews.com kegiatan penyembelihan hewan kurban di SMP Negeri 3 Babat melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) dan para siswa terutama para pengurus OSIS SMP Negeri 3 Babat. Selain itu juga melibatkan tim jagal profesional.

Daging hewan kurban ditasarufkan atau dibagikan kepada GTK dan siswa SMP Negeri 3 Babat serta tetangga sekolah.
Sebanyak 200 lebih siswa siswa kelas 7 dan 8 mendapatkan masing-madingb satu bungkus daging seberat 0,5 kilogram. Masing-masing GTK juga mendapatkan bagian. Adapun mudhohi (yang berkurban) mendapatkan bagian 4 kilogram dengan satu teklik atau separuh kepala sapi.

Kepala SMP Negeri 3 Babat memberikan pesan kepada siswa dan GKT sebelum.l menyerahkan daging kurban pada siswa, bahwa kurban itu bagian dari ibadah sekaligus meneladani kisah nabi Ibrahim dan Ismail yang disebutkan di dalam Quran Surat Asshoffat Ayat 102-107.

Lebih lanjut Said mengungkapkan, kurban dua ekor sapi kali ini berasal dari Ibu/Bapak guru dan tenaga kependidikan SMP Negeri 3 Babat, alumni, wali murid, pengurus komite, dan aghniya. Kurban sebagai wujud wujud rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah. Semoga yang berkurban rezekinya semakin melimpah tahun depan akan bisa berkurban lagi. Yang belum bisa berkurban di SMP Negeri 3 Babat, semoga rezekinya semakin mengalir dan tahun depan diberi kesempatan berkurban di SMP Negeri 3 Babat.

Anak-anak yang menerima daging kurban juga harus bersyukur meskipun yang diterima tidak terlalu banyak karena harus dibagi rata lebih dari 200 siswa. Setidaknya hari ini, anak-anak sudah menjadi bagian dari prosesi penyembelihan hewan kurban sebagai wujud ibadah meneladani kisah Nabi Ibrahim As dengan putranya, Ismail AS.

Penyembelihan Hewan kurban dan penjagalan serta pengemasan dilaksanakan dengan penuh riang gembira, guyup, dan rukun. Semua terlibat sesuai peran masing-masing. Dimulai pukul 07.00 dan selesai pukul 10.00, dengan membagikan bingkisan daging kurban kepada 200 siswa

Reporter: M. Said