Anggota TNI-Polri Ngawi dan Pemuda Katolik Wujudkan Toleransi Jaga Pengamanan Masjid Saat Sholat Idul Adha

Listen to this article

NGAWI lintasjatimnews – Wujud toleransi nyata di hari raya idul adha 1445 H, tak pernah habis cerita.kali ini datang dari Satgas Pemuda Katolik Kabupaten ngawi. Mereka terlibat dalam Pelaksanaan Pengamanan (PAM) Sholat Idul adha 1445 H bersama anggota TNI- Polri di Ngawi di masjid diwilayah kota Ngawi, salah satunya di masjid jabal Noor di Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Senin (17/06/2024).

Hal ini dilaksanakan untuk membantu menjaga keamanan dan kenyamanan bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah sholat idul Adha dimasjid serta di lapangan terbuka.

Salah satu pemuda Katolik, mengatakan, pihaknya selalu kompak dan berkoordinasi dengan pihak terkait Dalam rangka menciptakan kondisi dan stabilitas diwilayah bagi umat islam yang menjalankan ibadah dihari raya besar. Kami selalu ikut terlibat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan selama saudara-saudari Muslim beribadah,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Babinsa Ngawi Serda Danang, mengatakan Pemuda Katolik berkolaborasi dengan anggota TNI-Polri ini sangat membantu dalam hal menjaga keamanan juga arus lalu lintas disepanjang jalan raya yang digunakan untuk sholat jamaah, ini menjadi wujud nyata sinergitas dan kekompakan umat beragama di kabupaten Ngawi.”terangnya.

Sedikitnya 10 anggota Pemuda Katolik terlibat dalam PAM ini. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun lalu dan kini sudah banyak orang yang mendukung kegiatan ini termasuk warga masyarakat sekitar.
Dengan kegiatan ini semangat toleransi akan semakin terasa. Ada banyak harapan agar umat beragama semakin saling memahami, merawat, melihat perbedaan agama, suku, bahasa, dan ras sebagai kekuatan bangsa untuk memajukan bangsa.

Reporter: ahmadh