Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, Ikut Senam Germas Bersama Bupati dan Masyarakat Poso

Dengarkan beritanya .

POSO lintasjatimnews.com – Komandan Kodim (Dandim) 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. bersama Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang, mengikuti gelar Senam Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Bertempat di Lapangan Desa Pandiri Kecamatan Lage, Kabupaten Poso. Jumat pagi (08/03/2024).

Untuk diketahui, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int., Kepala Bapeligban Kabupaten. Poso, Frits Sampurnama, M.Si., Asiten 3 Kabupaten. Poso, Rudi Rompas, M.H.,M.Si., Kadis Pendidikan Kabupaten. Poso, Dedriawan Talingkau, S.TTP., Ketua PMI Kabupaten. Poso, Roy W Kalloh, S.E.,M.Si., Camat Lage, Yuliete Isabella Manusama Amak, S.E.,M.Si., Kapolsek Lage, IPTU Fathurrahman, S.H., Sekcam Lage, Sudarman, S.Pd.,M.M., Kepala Puskesmas Tagolu, Dewi Ningsih Noeralim, S.K.M., Kepala Puskesmas Malei, Chirsniwati Sambalagi, S.Kep.Ns., Para Kepala OPD Se-Kecamatan, Kepala seksi, dan staf pemerintah Kecamatan. Lage + 60 orang.

Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin mengatakan, bahwa sangat mendukung digelarnya Senam Germas untuk menuju masyarakat yang sehat. “Senam yang dipandu oleh Instruktur dan diikuti oleh peserta Senam dengan penuh semangat ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Poso ke 129 tahun 2024”, ucapnya.

Menurut Letkol Inf Hasroel Tamin, setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia. 7 langkah penting tersebut diantaranya, Melakukan Aktivitas Fisik, Makan Buah dan Sayur, Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Cek Kesehatan Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan, dan Jambanisasi.

Secara umum, tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit.

Reporter : ihwan