Penyandang Tuna Wicara Ditangkap Polisi Usai Bobol 10 Toko di Wilayah Hukum Polsek Tambora

Dengarkan beritanya .

JAKARTA lintasjatimnews – Terhimpit kebutuhan ekonomi yang terjadi di negara Indonesia seperti saat ini, seorang penyandang tuna wicara nekat bobol sejumlah toko di Pasar Pagi Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama menerangkan, wajah pelaku teridentifikasi berkat rekaman CCTV di beberapa lokasi. “Terlihat cara pelaku merangsek masuk ke toko dengan menjebol pintu teralis atau membobol pelaku mengacak-acak isi ruko kemudian mengambil sejumlah barang dan uang,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan hasil penyelidikan pelaku hidup berpindah-pindah tempat dari satu stasiun ke stasiun lain, diantaranya stasiun Tanjung Priok, Stasiun Duri, Stasiun Kota, Stasiun Senen dan Stasiun Gambir pada hari Sabtu tanggal 12 Nopember 2022 sekira jam 23:00 WIB pelaku berhasil kami tangkap di Stasiun Gambir Jakarta Pusat. Kamis (17/11/2022)

Hasil pemeriksaan, sepanjang Maret 2022 sampai dengan bulan November 2022 tercatat pelaku sudah 10 kali beraksi. Adapun alasan melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan ekonomi sehari-hari, awalnya kami kesulitan untuk berkomunikasi dengan pelaku karena tuna wicara, namun masih bisa mendengar sehingga pelaku menjawab pertanyaan penyidik secara tertulis. “Kerugian korban bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah
10 (sepuluh) toko yang pernah disatroni pelaku berdasarkan pengakuannya,” imbuh dia.

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolsek Tambora untuk penyidikan lebih lanjut, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP terancaman hukuman 7 (tujuh) tahun penjara.

Reporter: EKO