Kodim 0801/Pacitan Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Guna memberi pengetahuan dan pembekalan kepada unsur aparat kewilayahan, Kodim 0801/Pacitan menyelenggalakan kegiatan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat, bertempat di Aula Kopral Sigit Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, (13/11/2023).

Dengan mengusung tema “Terwujudnya Rencana Rinci Wilayah Pertahanan Darat Statis Yang Selaras Dengan Rencana Detail Tata Ruang Guna Mewujudkan Wilayah Pertahanan Darat Yang Tangguh”, kegiatan tersebut menghadirkan perwakilan Babinsa jajaran Kodim 0801/Pacitan.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan petunjuk dan pedoman bagi Apkowil, dimana sebagai ujung tombak satuan kewilayahan untuk melaksanakan pembinaan tata ruang demi terwujudnya pertahanan darat yang tangguh.

Dalam sambutannya, Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan Kapten Inf Murhadi menyampaikan bahwa mengingat tata ruang wilayah sangat penting, maka kepada satuan Koramil agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah hingga tingkat bawah demi kepentingan pertahanan wilayah darat.

“Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial yang pada hakekatnya merupakan potensi geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh yang bisa menjadi kekuatan wilayah,” terang kepada para Babinsa jajaran.

Kemudian, dirinya berharap melalui kegiatan sosialisasi ini akan terwujud kesamaan visi dan misi maupun persepsi kaitannya tata ruang wilayah pertahanan darat, baik dari tingkat satuan atas hingga satuan bawah maupun pemerintah daerah.

“Agar tercapai sasaran yang lebih optimal, sehingga harus menjaga dan meningkatkan komunikasi sosial antara Prajurit TNI AD dengan Aparat Pemerintah agar tumbuh kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial”, ujarnya.

Reporter: priyo