Festival 1.000 Ikan Asap, Kenalkan Icon Desa Sumberagung Kecamatan Brondong

Listen to this article

LAMONGAN intasjatimnews.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia, Festival Makan 1.000 Ikan Asap menjadi icon tersendiri bagi warga Desa Sumberagung Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Agenda tahunan yang memanfaatkan potensi alam ini tak luput dari melimpahnya potensi bahari yang dimiliki, Ahad (20/8/2023)

Kepala Desa Sumberagung Kecamatan Brondong Suprion mengungkapkan bahwa desanya merupakan sentra ikan asap baik ikan laut, payau, maupun ikan air tawar. Sebagai produk unggulan yang mempunyai peluang pasar luas, maka produk olahan ikan asap dijadikan ikon bagi Desa Sumberagung.

Melalui gelaran festival yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Lapangan Desa Sumberagung, Supriono berharap ikan asap khas Sumberagung akan semakin dikenal masyarakat luas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selamat datang pak Yuhronur Efendi di Desa Sumberagung Kecamatan Brondong. Kegiatan ini masuk dalam rangkaian pesta merdeka Desa Sumberagung. Setelah memberangkatkan Fun Bike ini dilanjut dengan Festival Makan 1.000 Ikan Asap khas desa.

“Semoga dengan kehadiran Pak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi semakin meningkatkan penjualan,” harap Kades Supriono ini.

Sementara itu, Camat Brondong Muhammad Mahfud mengapresiasi atas upaya masyarakat Desa Sumberagung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ikan asap yang khas di Kecamatan Brondong

“Melalui ikan asap khas Sumberagung ini, Desa Sumberagung Kecamatan Brondong akan semakin dikenal masyarakat luas di Lamongan bahkan di luar Kabupaten Lamongan,” harap mantan Camat Solokuro ini

Bupati Lamongan Yohronur Efendi melihat antusiasme masyarakat yang turut menyemarakkan Festival 1.000 Ikan Asap menyampaikan pujiannya atas ide kreatif dan penuh inspirasi dalam mengangkat potensi lokal yang dimiliki.

Untuk itu, Bupati Yuhronur mengharapkan berbagai kegiatan dalam rangka memunculkan potensi lokal mampu menggairahkan kembali ekonomi pasca pandemi covid-19.

“Kemarin saya juga datang di Festival 1.000 Olahan Manuk Teruk, sekarang Festival Makan 1.000 Ikan Asap. Ini membuktikan bahwa kita semua bisa bangkit lebih cepat dan mampu menggairahkan perekonomian pasca covid-19,” pungkas mantan Sekda Lamongan ini

Reporter Fathurrahim Syuhadi