Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Lakukan Kunjungan Desa di Kecamatan Laren

Listen to this article

LAMONGAN.intasJatimNews.Com –
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan, Ibu Anis Kartika, S.Kep., Ners didampingi para pengurus lainnya melakukan Kunjungan Desa di Desa Dateng dan Desa Mojoasem, Kecamatan Laren, Senin (21/08/2023).

Kunjungan diawali di desa Dateng kemudian menuju Mojoasem Kecamatan Laren. Tim Penggerak PKK yang dipimpin langsung oleh Ibu Anis Kartika Yuhronur Efendi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan diikuti oleh seluruh jajaran pengurus Daru masing-masung Pokja. RombongN Tim Penggerak PKK diterima langsung oleh Ketu Tim Penggerak PKK Desa beserta jajaran pengurus lainnya dan Kepala Desa beserta perangkat desa.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan Desa tersebut, Syam Teguh Wahono, S.H., M.M., Camat Kecamatan Laren beserta unsur terkait, diantaranya Korwil Pendidikan Kecamatan Laren, Icheahyudi, S.Pd., M.Pd.

Bu Anis, panggilan akrab istri Bupati Lamongan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan ramah dan meriah oleh jajaran pengurus Tim Penggerak PKK desa. Selanjutnya Bu Anis menyampaikan, bahwa tujuan kunjunga desa di antaranya adalah menyosialisasikan program PKK Kabupaten, menggali informasi terkait program penggerak PKK di desa maupun di Kecamatan.

Lebih lanjut Anis memaparkan program PenggerakPKK Kabupaten Lamongan yang perlu ditindaklanjuti di tingkat kecamatan dan desa. Di antaranya

  1. Program CEPAK (cegah perkawinan anak) diharapkan usia perkawinan di atas usia 19 tahun
  2. Program Posyandu
    Secara teknis, program ini dilaksanakan PUSKESMAS yang meliputi penyuluhan tentang kesehatan, imunisasi, Kelas ibu hamil, penimbangan dan pengukuran lengan, pemberian PMT dll.
  3. Penyelenggaraan Satuan PAUD Sejenis (SPS)
    Diharapkan di masing-masing desa ada Satuan PAUD Sejenis
  4. Program Bina Balita, Bina Lansia, dan Bina Remaja
  5. Program stunting dan pelaksanaan di tingkat desa. Pelaporannya diharapkan terupdate
  6. Home care service (HCS), program ini memberikan pelayanan dan bantuan kesehatan pada masyarakat.

Istri Bupati Lamongan itu juga menyampaikan program pemerintah kabupaten Lamongan yang memberikan perhatian khusus bagi masyarakat yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terganjal biaya. Pemerintah Kabupaten Lamongan menyajikan program beasiswa perintis. Biasiswa oruntus diperuntukkan bagi siswa SD, SM, SMA dan perguruan tinggi dari keluarga yang tidak mampu, serta biasiswa berprestasi.

Bagian akhir dan sambutannya, Anis menyampaikan terima kasih telah disambut dengan antusias. Dirinya berharap kunjungan desa ini menjadi manfaat bagi kita semua dan menjadi awal yang baik untuk mengimplementasikan program kerja tim penggerak PKK .

Kunjungan berlangsung guyup dan penuh Keakraban. Sebelum meninggalkan lokasi kunjungan, Anis menyempatkan berfoto bareng bersama Tim Penggerak PKK Desa.

Reporter: M. Said