Momen HUT RI Ke 78, Selenggarakan Festival 1000 Olahan Manuk Teruk

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Momen HUT RI Ke 78 diselenggarakan Festival 1000 Olahan Manuk Teruk di Desa Jabung Kecamatan Laren. Festival ini dihadiri Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Sabtu (19/8/2023)

Manuk Teruk atau Peruk atau Burung Mandar Batu sendiri merupakan spesies burung pemakan serangga air, binatang kecil, juga pucuk tanaman muda. Hidup di danau, kolam, parit, sawah, dan tambak payau.

Manuk Teruk memiliki paruh warna merah. Selama ini Manuk Teruk dianggap sebagai hama bagi masyarakat setempat, karena kerap memakan tanaman padi yang telah memasuki masa panen

Diungkapkan Ketua Panitia Penyelenggara Festival Rifqi Basit bahwa di Kabupaten Lamongan tepatnya di Desa Jabung Kecamatan Laren, Manuk Teruk ini sudah dikenal sejak jaman nenek moyangnya sebagai alternatif pengganti lauk ikan saat musim kemarau.

Lanjutnya, Manuk Teruk ini dipilih karena merupakan salah satu ciri khas, ikon Desa Jabung. Turun temurun dari mbah-mbah zaman dulu. Manuk Teruk memiliki rasa yang enak dan gurih

“Manuk Teruk ini alternatif kalau tidak ada ikan di rawa pas musim kemarau, karena mudah sekali ditemukan. Ini juga sebagai wadah memperkenalkan ciri khas Jabung pada daerah lain,” terang Rifqi Basit.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir pada Festival 1000 Olahan Manuk Teruk berharap, diselenggarakannya Festival seperti ini akan dapat berdampak pada perputaran perekonomian di Lamongan. Bahkan mampu menarik pengunjung luar daerah dengan memunculkan potensi desa yang dimiliki.

Ditambahkan Bupati Yuhronur Efendi, Lamongan dikenal memiliki beranekaragam Festival seperti Festival Gandrung Rajungan, Dayung Perahu, Layang-layang, Pecel Lele, Sego Muduk, Kupatan, Pindang dan banyak lainnya,

Lanjut Bupati Lamongan, Manuk Teruk diolah dengan tetap menjaga ekosistem keberadaan Manuk Teruk ini sendiri. Adanya festival seperti ini diharapkan dapat menambah khazanah kuliner Lamongan

“Melalui adanya kegiatan seperti ini juga akan dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah,” ujar mantan Sekda ini.

Junaidi warga Desa Jabung mengungkapkan banyak orang luar desa yang datang ke desanya. Mereka memburu masakan Manuk Teruk yang memiliki cita rasa enak dan gurih. Apalagi dimasak rica rica.

Reporter : Fathurrahim Syuhadi