Mengenal Duta Raimuna Nasional XII Tahun 2023 dari Manela, Begini Ceritanya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamongan, Drs. H. Nalikan, MM. telah melepas sebanyak 32 peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur mulai tanggal 12 sd 22 Agustus 2023.

Upacara pelepasan peserta Raimuna digelar di Aula Gajah Mada lantai 7 Kantor Pemerintah Daerah Lamongan, Sabtu (12/8/2023). Sebanyak 32 peserta mewakili sekolah/madrasah negeri dan swasta se Kabupaten Lamongan yang telah terseleksi dengan ketat berdasarkan tahapan dan ketentuan.

Muhammad Satya Efendi merupakan satu-satunya peserta yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan (Manela). Satya, demikian panggilan akrab siswa kelas XI-A mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang perkemahan nasional di Jakarta selama 10 hari.

Satya putra kedua pasangan dari Ali Efendi dengan Ihda Lailiyati yang berasal Desa/Kecamatan Paciran Lamongan. Lahir 16 tahun yang lalu, dibesarkan di perkampungan pesisir dengan menempuh pendidikan formal di MIM-16 dan SMPM Jipat Ponpes Karangasem Paciran.

Selesai upacara pelepasan peserta, Satya sempat bercerita kepada reporter lintasjatimnews.com., “Saya bersyukur kepada Allah SWT karena mendapatkan kesempatan yang sangat baik ini. Even Raimuna Nasional hanya digelar 5 tahun sekali, maka saya dan teman-teman akan berusaha dengan sebaik-baiknya membawa panji Lamongan di kancah nasional,” ceritannya.

“Saya tidak menyangka sekarang bisa aktif di ekstrakurikuler pramuka, padahal dulu waktu sekolah di MI dan SMP saya menyukai ekstrakurikuler PBB dan jurnalistik, serta menjadi personel drumband Gema Suara Sukunan (GSS),” pungkas siswa tergabung di Remas Nadwatul Islam Sukunan Paciran.

Lebih lanjut, Satya menyampaikan, “Terima kasih kepada Ibu Kepala, Wakil Kepala, bapak/ibu guru Manela, dan Kak Zamroni (Pembina) yang telah membimbing dan senantiasa memberikan motivasi terbaik. Kedua orangtuaku (ayah-ibu) yang istiqmah memberikan dorongan dan senantiasa memberikan doa yang terbaik,” jelasnya.

“Ayah dan ibu telah memberikan kebebasan saya untuk memilih kegiatan ekstrakuriler di madrasah, keduanya berpesan saat memilih kegiatan pramuka harus konsisten dan dijalani dengan senang hati. Insya Allah, setiap kegiatan positif pasti akan bermanfaat bagi diri sendiri dan Masyarakat,” tuturnya.

Sebagai bangian dari kontingen Lamongan dalam even Raimuna Nasional XII Tahun 2023 merupakan kebanggaan tersendiri. Ia berharap dapat memanfaatkan kegiatan Raimuna Nasional 2023 sebagai ajang untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta memperbanyak perkawanan sesama pegiat kepanduan.

Selesai upacara pelepasan, Satya dan keluarga berkesempatan untuk berfoto dengan Ketua dan Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamongan, bapak Drs. H. Nalikan, MM. yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan dan bapak H. A. Farih, SH. MM. yang menjabat sebagai Inspektorat Kabupaten Lamongan.

Reporter: Efendy