Rangkaian Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke 527, Dandim 0802/Ponorogo Hadiri Acara Larungan Telaga Ngebel

Listen to this article

PONOROGO lintasjatimnews.com – Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han. dan Ketua Persit Katika Chandra Kirana (KCK) Cabang XVI Kodim Ponorogo menghadiri Upacara prosesi larungan telaga Ngebel bertempat di Pendopo Utama Telaga Ngebel, Desa/Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Rabu (19/07/2023).

Upacara larungan tersebut masih merupakan acara rangkaian kegiatan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke 527 tahun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Bupati Ponorogo, H Sugiri Sancoko, S.E, M.M saat memberikan sambutan pada acara tersebut diantaranya menjelaskan tentang makna dari larungan tersebut yaitu sebuah acara tradisi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta bukti hormat kita kepada para leluhur.

Sementara Dandim 0802/Ponorogo kepada Media Center 0802 juga menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi Upacara Larungan Telaga Ngebel tersebut.

Sangat senang bisa hadir di acara Larungan Telaga Ngebel yang merupakan salah satu budaya warisan para leluhur kita, kata Dandim 0802/Ponorogo.

Sebagaimana dikatakan Bupati, ini adalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas berkah yang telah diberikan kepada umatnya temasuk warga Kabupaten Ponorogo, jelas Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S. Sos. M. Han.

Beliau juga menyampaikan bahwa dengan hadirnya ribuan pengunjung yang memadati pada acara tersebut menunjukkan adanya kearifan lokal dimana persatuan dan kesatuan terbina dengan baik sehingga menumbuhkan kekeluargaan dan persaudaraan yang kokoh kuat.

Reporter : zaenuri.