Reog Jaranan Sendra Tari Surabaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Reog sendra tari yang terdiri dari anak – anak SD yang mempunyai bakat tari jaranan sangat menarik perhatian warga berantusias menyaksikan atraksi jaranan yang lemas gemulai memainkan jaran yg terbuat dari bambu minggu 4/12/22

Kegiatan rutin ini untuk melakukan latihan tari yang di bina mbah japen sendiri sebagai pimpinan seni budaya reog jaranan yang diadakan latihan setiap minggu pagi.

Bagas yang masi duduk di bangku SD kelas 5 yang berperan memainkan pecut dengan lincah dan maher memainkannya, suara sambaran pecut menggelegar dan menggema.

Mbah Japen atau di panggil Japen sesosok sesepuh di Setren kali kampoeng baru kelurahan ngagel rejo.

Dengen tekun dan kreatifnya Mbah Japen membimbing anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar utuk latiahan tari setiap minggu.

Alat seni yang di gunakan cukup sederhana hasil dari kratif Mbah Japen sendiri, walapun sering kali rusak Mbah Japen memperbaiki sendiri dengan tlaten.

Mbah Japen dengan semangatnya untuk mengangkat seni budaya yang semakin dikenal sama anak – anak sebagai generasi penerus seni dan budaya.

Sendra Seni budaya Surabaya yang di pimpin Mbah Japen, Berharap seni budaya tetap berkibar dan di lestarikan. mohon dukungan ke dewan seni dan walikota agar menghidupkan dan memberdayakan kembali seni reog ini untuk lebih baik lagi, ucap Mbah Japen.

Reporter AL – FI