KPU Mulai Luncurkan Tahapan Pemilu 2024

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews – KPU pusat kemarin,Selasa (14/06/2022) melakukan peluncuran tahapan pemilu 2024. Kegiatan tersebut dilakukan secara online,yang berlangsung mulai pukul 19.00. Dan diikuti oleh KPU seluruh Indonesia. Salah satunya KPU Sidoarjo kemarin.

Acara peluncuran tahapan pemilu 2024 di kantor KPU Sidoarjo ini dihadiri oleh, Komisioner KPU Sidoarjo,Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi ; Ketua DPRD Sidoarjo Usman; Bawaslu Sidoarjo, serta beberapa pimpinan parpol. Setelah tahapan pemilu dimulai, KPU Sidoarjo akan ikut mempersiapkan tahapan tahapan tersebut. Mulai pendaftaran sampai verivikasi parpol peserta pemilu.
Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak memaparkan,jika tahapan pendaftaran dan klarifikasi partai politik akan dilakukan di bulan Agustus. Sedangkan bulan Desember sudah bisa ditetapkan peserta pemilu.

” Sedangkan untuk kebutuhan anggaran pemilihan umum daerah (pilkada) 2024 jumlahnya sekitar Rp.101 miliar,” tuturnya

Dan , lanjut Iskak,lebih dari 60 persen anggaran itu, digunakan untuk honor petugas ad hoc. Yaitu, panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, maupun kelompok penyelenggara pemungutan suara ( KPPS). Juga untuk kebutuhan logistik pilkada.

Dalam pemilu serentak 2024. Akan digelar pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR,DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota

Reporter : Budi