Mengawali Bulan Baru, Dandim Tulungagung Terus Ingatkan Anggota Untuk Pedomani Perintah Harian Kasad

Listen to this article

TULUNGAGUNG lintasjatimnews – Mengawali bulan Maret 2022 Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr (Han)., M.I.Pol secara langsung memimpin apel pagi yang diikuti seluruh personel staf Makodim 0807/Tulungagung baik militer maupun PNS di halaman Makodim 0807/Tulungagung Jl. Jaksa Agung Suprapto No 17 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (01/03/2022).

Sebelum memberikan pengarahan apel kepada anggota, apel diawali dengan pembacaan Santiaji dan Perintah Harian Kasad oleh perwakilan anggota Kodim yang ditirukan oleh seluruh peserta apel.

Kegiatan apel pagi ini merupakan kegiatan rutin pengecekan personel oleh seorang komandan kepada anggotanya sekaligus menjadi sarana silaturahmi sembari bertukar informasi terkait dengan kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh anggota Kodim Tulungagung.

Dandim memberikan penekanan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim 08007/Tulungagung, untuk selalu mempedomani tujuh perintah harian Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

“Kita sebagai aparat teritorial wajib mempedomani perintah harian KSAD, di antaranya sumpah prajurit, sapta marga dan delapan wajib TNI, yang harus selalu diterapkan di kehidupan sehari-hari, dan mengimplementasikan bersama masyarakat di wilayah binaannya.” ucap Dandim.

Dandim juga mengatakan setiap Bintara Pembina Desa (Babinsa), selain menjaga kedaulatan dan pertahanan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) juga mampu memberikan kesejahteraan rakyat, dan dapat menumbuhkan kecintaan juga kasih sayang rakyat pada TNI AD. Seperti apel pagi pada tanggal 1 Maret kali ini yang bertepatan dengan hari Penegakan Kedaulatan Negara yang dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa besar Serangan Umum 1 Maret, yakni perlawanan selama enam jam oleh rakyat, TNI, Polri, dan gerilyawan untuk memukul mundur tentara Belanda dari Yogyakarta.

“Hari ini kita apel sekaligus untuk mengingat peristiwa besar yang pernah terjadi di negara kita, pada 1 Maret 1949 terjadi sebuah peristiwa besar berjuluk Serangan Umum 1 Maret, yakni perlawanan selama enam jam oleh rakyat, TNI, Polri, dan gerilyawan untuk memukul mundur tentara Belanda dari Yogyakarta, yang kemudian oleh Presiden Jokowi ditetapkan sebagai hari Penegakan Kedaulatan Negara.” kata Dandim.

Ditegaskan pula oleh Dandim, kepada seluruh personel staf Makodim, anggota Kodim jangan sampai ada pelanggaran, jaga selalu kesehatan diri dan keluarga karena sampai dengan saat ini pandemi covid-19 belum berakhir.

“Hindari pelanggaran dan jaga selalu kesehatan diri dan keluarga selama pandemi.” tutup Dandim Tulungagung.

Reporter : herman