Membanggakan, Siswa Diktukpa 54 Kodiklatal Ikut Andil Dalam Model United Nations 2024

Listen to this article

JAKARTA lintasjatimnews – Membanggakan, Siswa Diktukpa Angkatan 54 dari Pusdiklek Kodikdukum Kodiklatal, bernama Maria Vanesa ikut andil unjuk kemampuan diplomasi dan public speaking dengan menjadi Board of Director dalam United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) pada acara Nizamia Model United Nations (MUN) 2024.

Kowal yang berasal dari Bintara Khusus TNI AL ini hadir bersama 173 peserta dari 3 kewarganegaraaan di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, dan Australia. Kegiatan tersebut berlangsung di Nizamia High School, Cipayung Jakarta Timur. Sabtu (26/10/2024).

Kegiatan Model United Nations kali ini juga dihadiri Noam Lazuardy dari Kementrian Luar Negeri RI sebagai Keynote Speaker.

Maria Vanesa bergelar Sarjana Hubungan Internasional yang lulus tahun 2021 dari President University itu tampil percaya diri dalam rangkaian acara Nizamia MUN 2024 yang berlangsung selama satu hari di Nizamia High School Jakarta.

Menurut Maria, kegiatan ini merupakan salah satu platform yang melatih public speaking, critical thinking, kemampuan negosiasi dan diplomasi serta membangun relasi pesertanya. Para peserta akan berlakon selayaknya seorang diplomat yang mewakili suatu negara serta melaksanakan diskusi terhadap topik pembahasan yang telah ditentukan oleh dewan masing-masing, di antaranya UNDP, Unicef, UN Women, UNHCR, dan UNSC.

“Kegiatan tersebut diharapkan menjadi salah satu ajang unjuk gigi para prajurit Jalasena TNI AL khususnya dalam kegiatan Nasional maupun Internasional,” ungkap Maria anak pertama dari dua bersaudara yang lahir di Pontianak.

Ia juga mengungkapkan keikutsertaannya dalam MUN sejak 2019, karena kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama Kampus dengan Nizamia High School yang bertujuan untuk pengembangan public speaking, diplomatic and negotiation skills maupun expand network.

Adapun kegiatan MUN ternama yang pernah diikuti Maria di antaranya, International Human Rights MUN 2019 di Jakarta, Tenby Penang MUN di Penang 2019, Johor MUN di Johor 2019, dan International MUN di Kuala Lumpur 2019, serta 40 konferensi MUN lainnya.

Reporter: arahman