SMPM Jipat Karangasem Paciran Adakan Studi Tour Ke Semarang Yogyakarta, Ini Agendanya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – SMP Muhammadiyah 14 (Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan mengadakan kegiatan Studi Tour Tahun Pelajaran 2024-2025. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Selasa hingga Kamis (22-24/10/2024).

Kota tujuan Studi Tour adalah Semarang dan Yogyakarta (Touraja) 2024 dengan obyek studi di kompleks Candi Gedong Songo Semarang dan Candi Prambanan. Sedangkan obyek wisata (tour) adalah wisata Ayanas Ungaran, Semarang, Kawasan Lava Tour Merapi Yogyakarta, dan Rawa Jombor Klaten, Jawa Tengah.

Rombongan berangkat dari halaman masjid At Taqwa Paciran, Selasa (22/10/2014) pukul 21.00 WIB sampai di Kawasan Bawen Semarang pukul 03.00 WIB. Peserta Tourja berjumlah 114 siswa dan GTK (Guru dan Tenaga Pendidikan) dengan rincian; 98 siswa dan 13 GTK.

Sesuai dengan agenda tahunan SMPM Jipat Karangasem Paciran, kegiatan Touraja diperuntukan bagi siswa-siswi kelas VIII. Tujuan Touraja untuk memperluas wawasan keilmuan dalam pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) sebagaimana penjelasan ketua panitia Touraja 2024.

Qolbi Hidayat, MPd, “Studi Tour tahun ini berkaitan dengan pelajaran IPS, khususnya materi yang berkaitan dengan Sejarah. Maka obyek penelitian yang dituju Candi Gedong Songo dan Candi Prambanan,” jelas pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Siswa-siswi dibagi berdasarkan kelompok masing-masing dengan didampingi guru yang telah ditetapkan oleh panitia. Setiap kelompok membuat laporan sesuai dengan pembagian tema dan topik yang dibagi dibimbing wali kelas masing-masing,” pungkas pria asal Jetak Paciran.

Hal senada disampaikan Suminto, MPd, Wakil Kepala SMPM Jipat Karangasem, “Tema dan topik yang dilaporkan setiap tahun berbeda-beda atau bergantian disesuaikan dengan mata pelajaran. Tahun ini (2024) berkaitan dengan mata pelajaran IPS,” tuturnya.

Obyek kajian sejarah berkaitan dengan kejadian masa lampau yang menghasilkan peradaban, salah satunya berupa candi sebagai bukti kemajuan peradaban masa lalu. Candi dalam konsep sejarah mendapat pengaruh langsung dari India yang berakulturasi dengan kebudayaan setempat (Indonesia).

Berdasarkan agenda yang disusun Panitia Touraja 2024 SMPM Jipat Karangasem Paciran adalah sebagai berikut:

  1. Hari Pertama (22/10/2024), registrasi dan persiapan bertempat di halaman Masjid At Taqwa Paciran berangkat pukul 21.00 WIB.
  2. Hari Kedua (23/10/2024), mandi, salat Subuh, dan sarapan, serta persiapan menuju lokasi studi di lokasi Candi Gedong Songo dan wisata di Ayanas. Dilanjutkan perjalanan ke Yogyakarta istirahat di penginapan dan jalan-jalan di Malioboro.
  3. Hari Ketiga (24/10/2024) persiapan menuju Lava Tour Kawasan Merapi untuk berpetuang dan uji nyali dengan berkendara Jeep. Pukul 15.00 WIB studi di Candi Prambanan dan agenda terakhir wisata malam hari di Rawa Jombor Klaten, Jawa Tengah.
  4. Perjalanan menuju Paciran sesuai agenda yang direncanakan. Sayonara Yogyakarta dan Semarang.

Selamat dan sukses atas kegiatan Touraja 2024 SMPM Jipat Karangasem Paciran, semoga agenda yang disusun berjalan lancar sesuai dengan tujuan. Amin.

Reporter: Efendy