Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Digital

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan berbasis digital. Kegiatan bertempat di Aula Cendekia lantai 2 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat, Kamis (10/10/2024)

Sebagai lembaga pembina perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan selalu berupaya untuk meningkatkan kapasitas tenaga pengelola perpustakaan sekolah di wilayah Kabupaten Lamongan

Melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan berbasis digital yang diselenggarakan selama dua hari. Kegiatan bimtek kapasitas tenaga pengelola perpustakaan yang diikuti oleh 40 peserta dan berasal dari 18 lembaga pendidikan mulai dari tingkat PAUD, SD hingga SMP di Lamongan

Bimbingan tehnis pengelolaan perpustakaan berbasis digital ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pengelola perpustakaan sekolah guna meningatkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Kegiatan bimbingan tehnis ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, drg. Fida Nuraida, M.Kes.

Dalam sambutannya drg. Fida Nuraida, M.Kes. menyampaikan bahwa perpustakaan sekolah sebagai sarana penunjang proses belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik, Hal ini sangat perlu dikembangkan dan ditingkatkan baik dari segi pelayanan maupun penyelenggaraannya

Lanjutnya, melalui kegiatan bimbingan tehnis ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, maupun ketrampilan dibidang perpustakaan bagi tenaga pengelola perpustakaan sekolah, sehingga penyelenggaraan perpustakaan sekolah dapat terlaksana sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Dalam kegiatan bimbingan tehnis ini, para nara sumber membagikan beberapa materi terkait penyelenggaraan perpustakaan. Mulai dari kebijakan penyelenggaran perpustakaan, pengelolaan bahan perpustakaan, pelayanan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan berbasis digital, hingga promosi perpustakaan dan pengembangan literasi informasi.

Selain diberikan materi, peserta bimbingan tehnis juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung kegiatan pengolahan dan otomasi perpustakaan.

Reporter Fathurrahim Syuhadi