SWI Jatim Turut Jaga Netralitas Pilkada Jatim

Listen to this article

MOJOKERTO lintasjatimnews – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Jawa timur terus lakukan penguatan kelembagaan sekaligus penataan ulang pengurus guna memacu kinerja organisasi.

Terkait hal tersebut, DWP SWI Jatim melakukan Rapat Pleno Pengurus (RPP) yang berlangsung di wisata Bumi Majapahit di kabupaten Mojokerto, Kamis (26/9/2024).

Supomo sekretaris DPW Jatim mengatakan, bahwa rapat ini dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan pengurus,supaya target – target organisasi dapat dicapai.

Terkait penggantian ketua, Supomo yang akrab Sengan sebutan Eno menyerahkan sepenuhnya kepada peserta yang semuanya adalah pengurus.

” RPP ini sudah diatur pada Peraturan Organisasi no 3, jadi peserta mendapat hak dan kewajiban yang sama, bukan semata mengganti ketua yang meninggal beberapa waktu ya,namun pada intinya mengkonsolidasikan pengurus.”terang Eno, ditempat berlangsungnya RPP

Ditempat yang sama, Winarto salah satu wakil ketua DPW SWI Jatim mengatakan, bahwa RPP merupakan bukan hal yang luar biasa.” RPP kan hal biasa dan sudah diatur pada peraturan organisasi ,soal isu penggantian ketua ,ya kita lihat saja perkembangan pada rapat nanti”.

Terpilih Ketua Baru

Rapat Pleno Pengurus DPW SWI Jatim memutuskan, Hadi Martono sebagai ketua baru SWI Jatim.

Setelah dinyatakan memenuhi kuorum diskusi – diskusi pun terjadi bahkan mengalami tarik ulur yang alot.

Dua orang pimpinan rapat pun Supomo dan Winarto sempat mensekors rapat. Sejatinya 3 opsi yaitu meneruskan pengurus, menunjuk untuk diusulkan sebagai pejabat sementara, atau merotasi pengurus sudah disampaikan oleh Supomo. Akhirnya dengan bulat secara aklamasi Hadi Martono diputuskan menjadi ketua terpilih.

Terpilihnya Hadi Martono menyejukkan peserta RPP. Hadi Martono pun bukan orang baru, diketahui Hadi adalah salah satu orang yang sedari awal mendapat amanat dari DPP untuk supaya terbentuk DPW SWI di propinsi Jawa Timur.

Bertekad Turut Netralitas

Usai terpilih sebagai ketua SWI DPW Jawa Timur, Hadi Martono langsung konsolidasikan pengurus wilayah, meski secara resmi belum mendapat pengesahan Hadi optimis DPP akan mempertimbangkan susunan pengurus yang akan diusulkan.

Dihadapan calon pengurus Hadi mewantikan agar wartawan anggota SWI tetap menjaga netralitas dalam memberitakan pemilu. Hal ini penting sebab kata Hadi DPW SWI Jatim mendukung netralitas pada pelaksanaan Pilkada yang saat ini sedang proses berjalan.

” Pilkada harus kita dukung sebab Pilkada salah satu amanat konstitusi, SWI Jatim akan terus mengawal pelaksanaan Pilkada, maka para wartawan anggota SWI harus berposisi netral dan dalam membuat berita hindari hoax dan harus sesuai kaidah etika jurnalistik sebagaimana diatur dalam UU pers Nomor 40 tahun 1999, kata Hadi Martono di lokasi RPP, Kamis (26/7/2024).

Reporter: ahmadh