Kolaborasi Konsorsium PTV Jatim dan Disnakertrans Provinsi Jatim

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimbews – Konsorsium Perguruan Tinggi Vokasi Jawa Timur (PTV Jatim) berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur bersama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya menggelar Job Fair dan Talent Fair 2024, di Atrium Maspion Square, (21/9/24).

Acara yang melibatkan sekitar 20 Perusahaan ini dibuka secara resmi oleh Adi Nuryanto ST. MT, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Turut hadir pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi, Ir. Mohammad Yasin, M.Si, dan perwakilan dari berbagai Dinas Provinsi terkait serta KADIN dan Perwakilan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE Gresik dan Singhasari.

Menurut Adi, kegiatan yang diadakan ini menunjang Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, sebagaimana telah diarahkan mendukung upaya akselerasi peningkatan kualitas satuan pendidikan vokasi, baik itu jenjang SMK maupun perguruan tinggi vokasi.

Ir. Mohammad Yasin, M.Si, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur yang turut memberikan sambutan pada kegiatan ini menyatakan siap mendukung upaya Pembangunan Daerah, salah satunya dengan mempertemukan SDM terbaik dengan dunia kerja di Jatim.”Kolaborasi PTV dengan Pemprov Jatim sangat penting,” tegas beliau.

Didampingi oleh Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Aliridho Barakbah, S.Kom, Ph.D., Ketua Konsorsium PTV Jatim, Prof. Ir. Amang Sudarsono, ST, Ph.D. IPU sangat berharap agar Perguruan Tinggi Vokasi di Jawa Timur dapat berkolaborasi lintas sektor dengan para pemangku kepentingan, seperti halnya dunia usaha dan dunia industri yang dekat dengan dunia kerja.

“Implementasi link & match salah satunya melalui kegiatan hari ini, yaitu Job Fair dan Talent Fair yang melibatkan 14 Perguruan Tinggi Vokasi di Jawa Timur yang tergabung dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Jatim. Harapan kami, jejaring dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri akan semakin kuat, dan kolaborasi pun berkembang semakin lebar bidangnya,” imbuh Amang.

Apresiasi disampaikan Amang kepada seluruh pihak yang berpartisipasi pada kegiatan ini, mulai Perusahaan yang berpartisipasi, para pemangku kepentingan serta perwakilan SMK di Jawa Timur.

Konsorsium juga mengadakan kegiatan,

  1. Workshop Kepala Sekolah SMK, bertema Spinoff/ Teaching Factory untuk SMK;
  2. Seminar tentang Pengembangan Karir di Era Digitalisasi: Menjadi Kandidat yang Kompetitif, Inovatif, dan Kreatif
  3. Workshop Ketenaga Kerjaan oleh PT Era Jaya, dengan tema: Menyiapkan Diri untuk Karir di Masa Depan
  4. Workshop UMKM dengan tema: Digital Marketing
  5. Sharing Session oleh Kolokium.id, dengan tema: Pemanfaataan Teknologi untuk Bekerja dari Mana saja.

Tak hanya itu, sehari sebelumnya (20/09/24) juga dilaksanakan Bootcamp untuk meningkatkan pemahaman tentang vokasi, pengemasan konten dan peningkatan kualitas pemberitaan dengan narasumber dari Tempo Institute dan BPC.PERHUMAS Surabaya Raya.

Reporter: ahmadh