Waspada Penyebaran DBD, Kodim 0801/Pacitan Lakukan Pengasapan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit demam berdarah, Kodim 0801/Pacitan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan melaksanakan pengasapan di lingkungan Asrama Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Minggu (16/06/2024).

Adapun sasaran pengasapan meliputi, ruang perkantoran, perumahan, gudang, garasi, selokan maupun lorong-lorong yang berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

Sementara itu dikatakan Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul S.H., M.I.P., bahwa pengaruh perubahan iklim akhir-akhir ini menjadi salah satu aspek mudahnya berbagai penyakit masuk kedalam tubuh, apabila tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

“Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis terutama saat memasuki masa pancaroba, memiliki potensi yang tinggi dalam penyebaran penyakit demam berdarah, untuk itu waspadai agar jangan sampai kita terjangkit”, ujarnya saat dikonfirmasi secara terpisah.

Dirinya juga menekankan kepada seluruh anggota Kodim 0801/Pacitan agar selalu waspada terhadap penyebaran berbagai penyakit salah satunya DBD, yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing, disamping rutin berolah raga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Apabila mengalami gejala DBD, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif”, harapnya.

Di sisi lain, ia juga mensosialisasikan kepada masyarakat luas, sebagai upaya pencegahan DBD yang efektif dan efisien, agar senantiasa menerapkan metode 3M Plus yaitu Menguras, Menutup dan Mendaur Ulang Barang Bekas.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kita berharap melalui kegiatan pengasapan ini seluruh personil Kodim 0801/Pacitan dan keluarga dapat terlindungi serta terhindar dari penyebaran penyakit DBD”, ungkapnya.

Reporter: priyo