Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Ngrambe aktif Pendampingan di Sektor Pertanian

Listen to this article

NGAWI lintasjatimnews.com – Pendampingan terhadap petani terus dilakukan oleh Babinsa Koramil 0805/07 Ngrambe, guna meningkatkan hasil pertanian sehingga mewujudkan ketahanan pangan di wilayah.

Seperti yang dilakukan Serda Sigit Dwi Prasetiyo Babinsa Koramil 07/Ngrambe Kodim 0805/Ngawi aktif melaksanakan pendampingan pertanian di wilayahnya dengan membantu proses penyemaian benih padi di dusun Bedis, Desa Tawangrejo, Kec. Ngrambe Kab. Ngawi . Minggu (19/5/2024).

Babinsa Serda Sigit Dwi Prasetiyo mengatakan bahwa kegiatan pendampingan terhadap petani akan terus dilakukan, dari awal penyiapan lahan, penyemaian bibit, masa cocok tanam hingga panen dan terus ditingkatkan dengan pola pertanian modern yang didukung dengan sistem pengairan sawah menggunakan pompanisasi, sehingga kebutuhan air tercukupi.”ungkapnya.

Menurutnya hal itu dilakukan karena setiap tahap dalam usaha pertanian diperlukan pendampingan, dengan harapan adanya Babinsa dan PPL, para petani bisa termotivasi sehingga semakin semangat dalam mengelola pertanian di wilayah.

Seperti pendampingan pada tahap awal, persiapan lahan merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dilakukan untuk memulai usaha dalam pertanian. Sebelum melakukan penanaman, persiapan lahan yang baik akan berpengaruh dengan produktivitas yang akan ditanam.

“Sebagai Babinsa akan selalu berkomitmen mendampingi petani dari mulai awal hingga panen untuk mewujudkan ketahanan pangan wilayah. Untuk sebelumnya sudah dilakukan pendampingan dalam penyiapan lahan, dan sekarang mulai akan melakukan penanaman,”terang Babinsa.

Reporter: pudianto