Cegah Resiko Penularan Penyakit, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Dengarkan beritanya .

PACITAN lintasjatimnews.com – Memasuki musim hujan, berbagai tantangan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan membutuhkan perhatian yang tidak bisa di abaikan begitu saja.

Selain itu, adanya curah hujan yang tinggi seringkali membawa risiko penularan penyakit, sehingga membuat upaya pencegahan menjadi langkah yang sangat penting.

Oleh karenanya demi mencapai itu semua, perlu melakukan berbagai kebiasaan hidup sehat, agar kita tidak mudah terserang penyakit selama musim hujan, mulai dari menjaga pola makan hingga menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama masyarakat melaksanakan pembersihan sepanjang jalan yang berlokasi di Desa Sukoharjo, Kec./Kab. Pacitan, Senin (11/03/2024).

Dikatakan Sertu Widodo, bahwa kegiatan pembersihan jalan dilakukan selain untuk upaya pemeliharaan, juga mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat apalagi saat ini tengah memasuki musim penghujan.

“Dengan langkah ini kami menilai tidak hanya mendukung kesehatan secara personal, akan tetapi juga mengurangi potensi perkembangan penyakit yang disebabkan oleh mikroba atau virus sehingga berbahaya bagi kesehatan manusia. 

Tak hanya sebatas memprioritaskan bahu jalan saja, namun mereka secara gotong royong juga membersihkan selokan agar ketika terjadi hujan, aliran air tidak terhambat baik oleh penumpukan sampah maupun rumput liar.

“Dengan membersihkan saluran air atau selokan secara teratur, diharapkan dapat membantu mencegah penyumbatan yang bisa menyebabkan genangan air di jalan atau area permukiman warga”, ungkapnya.

Reporter: priyo