Cegah DBD, Babinsa Karangjati Aktif Bergerak Melawan Demam Berdarah di Wilayah

Dengarkan beritanya .

NGAWI lintasjatimnews.com – Dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Desa Karangjati Koramil 0805/05 Karangjati mengambil inisiatif dengan menyelenggarakan kegiatan pembersihan lingkungan dan tempat bersarangnya nyamuk di rumah warga di Desa Karangjati, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Senin (11/03/2024)

Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini telah menjadi perhatian serius karena kasus di wilayah tersebut menunjukkan peningkatan. Langkah pencegahan diambil sebagai salah satu upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus DBD setelah koordinasi dengan puskesmas setempat dan dukungan dari pemerintah daerah.

Kerjasama antara Babinsa, Puskesmas, dan warga berencana untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada penduduk tentang pentingnya kebersihan lingkungan serta pencegahan penyebaran DBD yang dimulai dari rumah-rumah warga. Babinsa dengan semangat kemanusiaan menggerakkan warga untuk aktif dalam gotong royong membersihkan selokan dan tempat penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Kegiatan edukasi ini juga akan diisi dengan sesi tanya jawab untuk membersihkan segala bentuk keraguan warga tentang fogging serta memastikan bahwa semua masukan dari warga bisa diakomodasi dengan baik.

Babinsa Serka Satria menyampaikan bahwa, “Kesehatan warga adalah prioritas dan tanggung jawab bersama dan dengan kegiatan ini, kita berharap dapat menekan angka kasus DBD di desa kita.”

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya efektif dalam mengurangi risiko DBD, tetapi juga memperkuat hubungan sosial di antara warga melalui gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan.

Reporter: pudianto